BMKG sebut wilayah Manggarai berpotensi dilanda hujan disertai petir

id cuaca di ntt,bmkg,cuaca

BMKG sebut wilayah Manggarai berpotensi dilanda hujan disertai petir

Kota Kupang sedang dilanda hujan (ANTARA/Bernadus Tokan)

Suhu udara di NTT tercatat 18 - 33°C. Suhu udara di Manggarai, Ngada dan wilayah dataran tinggi lainnya : 16 - 26°C. Kelembapan udara : 65 - 95 persen...
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa wilayah Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat di Pulau Flores berpotensi dilanda hujan deras disertai petir.

Demikian informasi prakiraan cuaca wilayah NTT tanggal 6 Desember 2023 yang dikeluarkan BMKG Selasa, (5/12/2023).

Berdasarkan informasi BMKG, pada siang hingga sore hari potensi hujan sedang di wilayah terjadi di wilayah Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Ngada, Kabupaten Kupang dan TTS. 

Sementara potensi hujan ringan di terjadi wilayah Belu, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, TTS, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Kota Kupang, Manggarai, Nagekeo, Lembata, Ende, Kabupaten Kupang, TTU dan Alor.

Suhu udara di NTT tercatat 18 - 33°C. Suhu udara di Manggarai, Ngada dan wilayah dataran tinggi lainnya : 16 - 26°C. Kelembapan udara : 65 - 95 %.

Angin : Variabel Timur Laut - Tenggara, Selatan - Barat /20 - 30 km/jam.

Karena itu, BMKG memperingatkan agar masyarakat waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Alor, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.


Baca juga: BMKG imbau masyarakat NTT waspada curah hujan tinggi di awal Desember 2023

Baca juga: BMKG: Hujan guyur sebagian besar Ibu Kota