Korem 161/Wirasakti kumpulkan 146 kantong darah pada aksi donor darah

id Donor darah,hari juang TNI AD,TNI A,NTT

Korem 161/Wirasakti kumpulkan 146 kantong darah pada aksi donor darah

Donor darah di Korem 161/Wirasakti dalam rangkaian hari juang TNI AD. (ANTARA/Ho-Penrem 161 WIrasakti)

...Peserta donor sebanyak 350 orang, namun dari jumlah itu yang berhasil dikumpulkan hanya 146 orang karena yang lain belum memenuhi kriteria, katanya
Kupang (ANTARA) - Korem 161/Wirasakti Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, berhasil mengumpulkan 146 kantong darah dalam kegiatan donor darah dalam rangkaian menyambut hari juang TNI-AD di Kupang, Rabu

Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi kepada wartawan di Kupang, Rabu, (13/12/2023) mengatakan bahwa pada awalnya pihaknya menargetkan 350 kantong darah, namun ternyata hanya bisa 146 kantong..

"Peserta donor sebanyak 350 orang, namun dari jumlah itu yang berhasil dikumpulkan hanya 146 orang karena yang lain belum memenuhi kriteria," katanya.

Dia merinci 146 kantong darah itu terdiri atas 33 kantong darah golongan darah A, 37 kantong darah golongan darah B, 69 kantong darah golongan darah O, dan tujuh kantong darah golongan darah AB.

Sejumlah peserta donor darah yang terlibat seperti seluruh prajurit TNI-Polri, PNS dan Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana, Kodim 1604/Kupang, Brigif 21/Komodo, Satuan Brimob Polda NTT, Yonarhanud, Yonarmed, dan Balak Korem 161/WS serta Balak Aju Kodam IX/ Udayana.

"Pada kesempatan ini, saya atas nama komando dan pribadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PMI NTT dan seluruh komponen atas dukungan dan kerja samanya, dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah kali ini", katanya.

DIa menjelaskan bahwa kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun itu, mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”.

Kegiatan aksi donor darah itu ujar dia merupakan kegiatan kemanusiaan dan wujud kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang membutuhkan darah, serta membantu PMI NTT dalam menjaga ketersediaan darah.

Untuk itu, kepada para pendonor yang dengan suka rela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya, dia mengucapkan terima kasih.

"Ingat, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa sesama kita yang membutuhkan," tegas dia.

Baca juga: AP I Bandara El Tari gelar donor darah peringati Hari Pahlawan

Di saat kegiatan berlangsung Dandenkesyah 09-04-01/Kupang Letkol Ckm. Purna Luberto,selaku koordinator donor darah menuturkan, kegiatan itu adalah wujud nyata TNI yang ikut berkontribusi banyak terhadap ketersediaan darah di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kota Kupang.

Baca juga: PLN NTT sumbang 158 kantung darah dalam gelar donor darah

Dia berharap agar manfaat dari donor darah ini jelas sangat bermanfaat yaitu khususnya bagi masyarakat atau anggota dari TNI yang membutuhkan darah karena informasi dari PMI Kota Kupang.