BI NTT kumpulkan 395 kantong darah dalam aksi donor darah

id BI NTT,Donor darah,Kota Kupang

BI NTT kumpulkan 395 kantong darah dalam aksi donor darah

Kepala Kantor BI NTT  Agus Sistyo Widjajati (kanan) saat memantau pelaksanaan donor darah di kantor BI NTT, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/Ho-Humas BI NTT)

...Kami sangat bangga dengan dukungan dan antusiasme yang luar biasa dari seluruh peserta, baik dari kalangan komunitas, perbankan, maupun masyarakat umum, yang akhirnya bisa terkumpul 385 kantong darah, kata Kepala Kantor BI NTT Agus Sistyo Widjajat
Kupang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Nusa Tenggara Timur berhasil mengumpulkan 395 kantong darah dalam aksi donor darah yang digelar pada Rabu (6/3) kemarin dengan tema "Blood Connect Us All".

"Kami sangat bangga dengan dukungan dan antusiasme yang luar biasa dari seluruh peserta, baik dari kalangan komunitas, perbankan, maupun masyarakat umum, yang akhirnya bisa terkumpul 385 kantong darah," kata Kepala Kantor BI NTT Agus Sistyo Widjajati di Kupang, Rabu (6/3/2024).

Hal ini disampaikan ketika ditanyai soal hasil dari kegiatan donor darah yang digelar oleh BI NTT untuk membantu menambah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) NTT.

Dia mengatakan bahwa dari jumlah tersebut BI dan PMI NTT berhasil mengumpulkan golongan darah A sebanyak 85 kantong, golongan dari B sebanyak 120 kantong, golongan darah O 172 kantong dan golongan darah AB berjumlah 18 kantong.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan itu menunjukkan suatu prinsip yang melekat dalam setiap tetes darah yang diberikan, mengingatkan bahwa kesehatan dan kehidupan semua saling terkait.

Dia bersyukur karena antusiasme masyarakat yang terlibat dalam donor darah tersebut sangat banyak yakni mencapai 503 orang yang mendaftar. Namun, setelah melalui pemeriksaan kesehatan terdapat 108 orang dinyatakan belum bisa donor darahnya.

"Kegiatan kemarin itu juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat untuk menyatukan hati
dalam tujuan mulia dalam rangka membantu mereka yang membutuhkan," ujar dia.

Dia menambahkan bahwa selain dari aspek kesehatan, kegiatan donor darah itu juga bagian dari merayakan keberagaman dan persatuan.

Bank Indonesia NTT memahami pentingnya inklusivitas dalam setiap kegiatan sosial. Dengan terlibatnya berbagai elemen masyarakat, termasuk kalangan perbankan dan kelompok sukarelawan, telah memberikan dimensi tambahan pada "Blood Connect Us All".

"Ini bukan hanya sekedar kegiatan donor darah, melainkan sebuah gerakan sosial yang melibatkan semua orang, menciptakan momentum positif yang dapat diikuti oleh kegiatan serupa di masa depan," tambah dia.

Lebih lanjut kata dia, kegiatan itu juga merupakan suatu ekspresi nyata bahwa keberlanjutan sebuah masyarakat yang sehat dan berdaya memerlukan partisipasi aktif dari semua pihak.

Sebab Bank Indonesia NTT bukan hanya lembaga semata, melainkan mitra dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: BI NTT sebut harga beras stabil jelang Ramadhan

Baca juga: BI : Ekonomi NTT triwulan IV 2023 tumbuh 4,14 persen
Baca juga: BI bantu sarana prasarana tenun untuk UMKM di Sumba


"Kegiatan tersebut juga menjadi salah satu titik monumental sebuah gerakan yang melibatkan berbagai elemen, menunjukkan bahwa kebersamaan dapat menciptakan perubahan positif yang nyata," ujar dia.