Pelemahan cadangan devisa berpotensi terjadi hingga kuartal II-2024, menurut Ekonom

id cadangan devisa,ekonom,pelemahan,devisa

Pelemahan cadangan devisa berpotensi terjadi hingga kuartal II-2024, menurut Ekonom

Petugas memindahkan tumpukan uang tunai di Pooling Cash Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024). Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia sebesar 146,4 miliar dolar AS pada akhir Desember 2023 atau meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2023 yang sebesar 138,1 miliar dolar AS. ANTARA FOTO/Rizka Khaerunnisa/sgd/tom. (ANTARA FOTO/RIZKA KHAERUNNISA)

...Penurunan cadangan devisa kami lihat dapat berlangsung sampai akhir kuartal II-2024 karena selain masih tingginya ketidakpastian global terutama terkait ekonomi AS dan arah suku bunga the Fed, terdapat kebutuhan dividend and coupon payment ke non-
Jakarta (ANTARA) - Ekonom Josua Pardede mengatakan pelemahan cadangan devisa RI berpotensi berlangsung sampai kuartal II-2024 karena masih tingginya ketidakpastian global dan kebutuhan impor dalam pengendalian inflasi domestik.

"Penurunan cadangan devisa kami lihat dapat berlangsung sampai akhir kuartal II-2024 karena selain masih tingginya ketidakpastian global terutama terkait ekonomi AS dan arah suku bunga the Fed, terdapat kebutuhan dividend and coupon payment ke non-resident," kata Josua kepada ANTARA di Jakarta, Rabu, (17/4/2024).

Kepala ekonom Bank Permata itu menuturkan penurunan cadangan devisa juga berpotensi terjadi karena ada kebutuhan pembayaran pokok utang luar negeri (ULN).

Selain itu, ketidakpastian terkait pemerintahan baru juga akan berangsur menurun sehingga dapat memicu investasi asing langsung ke dalam negeri.

Terbukanya ruang pemotongan suku bunga global yang berdampak pada pelemahan dolar AS akan berdampak positif pada harga komoditas sehingga dapat menopang kinerja ekspor.

Pada akhir tahun, Josua memprediksi cadangan devisa Indonesia berada di kisaran 150 miliar dolar AS sampai dengan 152 miliar dolar AS.

Pada akhir Maret 2024, posisi cadangan devisa Indonesia tetap tinggi sebesar 140,4 miliar dolar AS, meski menurun dibandingkan posisi pada akhir Februari 2024 sebesar 144,0 miliar dolar AS.

Ia memperkirakan masih akan ada risiko pelemahan nilai tukar rupiah dalam jangka pendek. Meski demikian, ia menyakini Bank Indonesia (BI) akan hadir di pasar untuk melakukan intervensi di pasar valuta asing (valas) pada transaksi spot, Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), dan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder.

BI juga akan memperkuat strategi operasi moneter yang pro-market untuk efektivitas kebijakan moneter, termasuk optimalisasi Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI), dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI).

Hingga 19 Maret 2024 lelang Sekuritas Rupiah BI (SRBI) mencapai Rp409,38 triliun guna mendukung pendalaman pasar uang dan aliran modal asing masuk ke dalam negeri.

Pada periode yang sama, posisi Sekuritas Valas BI (SVBI), dan Sukuk Valas BI (SUVBI) masing-masing tercatat sebesar 2,31 miliar dolar AS, dan 387 juta dolar AS.


Baca juga: Cadangan devisa naik, IHSG berpeluang menguat terbatas
Baca juga: OJK ingatkan Bank NTT bersiap hadapi tantangan sebagai bank devisa
Baca juga: EU harus sita cadangan devisa Rusia untuk bangun kembali Ukraina










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom: Pelemahan cadangan devisa berpotensi hingga kuartal II-2024