Opini - World Water Forum dan momentum kesadaran publik

id world water forum,forum air dunia,kelestarian air,pembangunan berkelanjutan,wwf,opini Oleh Dyah R. Sugiyanto

Opini - World Water Forum  dan momentum kesadaran publik

Logo World Water Forum ke-10 2024 terpampang di Bundaran HI, Jakarta. Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 dengan tema Water For Shared Prosperty yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt/aa.

...Pada 15 Mei 2024 di Bali, forum ini ditekadkan untuk memperkuat kerja sama global dalam mengatasi tantangan air dan mencari solusi bersama untuk masa depan yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah World Water Forum 2024. Acara internasional sebagai upaya 172 negara di dunia dalam mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam hal memastikan akses universal terhadap air bersih dan sanitasi.

World Water Forum 2024 atau Forum Air Dunia merupakan pertemuan global yang membahas isu-isu terkait air, termasuk pengelolaan sumber daya air, keberlanjutan, dan akses air bersih. Forum ini akan mengangkat isu-isu terkait pengelolaan sumber daya air, keberlanjutan, dan akses air bersih.

Pada 15 Mei 2024 di Bali, forum ini ditekadkan untuk memperkuat kerja sama global dalam mengatasi tantangan air dan mencari solusi bersama untuk masa depan yang berkelanjutan.

Bertemakan “Air untuk Kemakmuran Bersama”, forum yang rencananya dihadiri 60 organisasi ini menekankan pentingnya akses yang adil terhadap air bersih.

Beberapa topik spesifik yang akan dibahas oleh para peserta. Dua di antaranya adalah Kemitraan dan Diplomasi, serta Pendidikan dan Kesadaran.

Para pemangku kepentingan akan berdiskusi tentang pentingnya kerja sama internasional dan diplomasi dalam mengatasi masalah air. Diskusi tersebut akan melibatkan pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil.

Forum yang juga akan membahas pendidikan dan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan air yang berkelanjutan ini membahas pula kampanye kesadaran publik dan pendidikan di sekolah. Melalui forum ini Indonesia berkesempatan mengumumkan kebijakan dan inisiatif terkait sumber daya air.

Kesadaran Publik