Artikel - Kesetaraan air bagi mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil

id World water forum,10th world water forum bali,ketahanan air,water shared for prosperity,air untuk kesejahteraan bersama Oleh Hanni Sofia

Artikel - Kesetaraan air bagi mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil

Seniman tampil pada Malam Budaya (Cultural Night) World Water Forum ke-10 2024 di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (24/5/2024). ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Fikri Yusuf/pras. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Setidaknya dunia terjeda sejenak, ketika masyarakat di belahan dunia lain menikmati air bersih yang melimpah, ada begitu banyak dari mereka yang masih harus berjuang mengisi jeriken-jeriken dari tetesan sumber air
Jakarta (ANTARA) - Masyarakat di Desa Tawabi, Bacan Barat, Halmahera Selatan, Maluku Utara, harus sangat cermat dalam memanfaatkan air.

Bagi mereka, air adalah barang mewah karena untuk mendapatkannya mereka harus menyeberang pulau dengan perahu ketinting dan mesti menunggu keberuntungan karena belum tentu sumber airnya sudah terisi.

Mereka mendapatkan akses air bersih dari sumur-sumur galian di dekat bibir pantai. Mungkin juga bukan sumur, melainkan hanya berupa galian dengan kedalaman satu atau dua meter saja untuk mendapatkan air tawar.

Terdapat enam galian yang pernah dimanfaatkan oleh masyarakat Tawabi. Kini, hanya tersisa dua yang masih bisa terpakai. Dua lagi sudah mati, sedang yang dua berikutnya masih berisi air, namun rasanya payau atau bahkan masih asin. Kedua sumber air tawar yang masih aktif itu dimanfaatkan oleh sekitar 130 rumah.

Kondisi sulit untuk mendapatkan air tawar itu, bahkan sudah terjadi sejak sebelum Indonesia merdeka. Ironisnya, masyarakat di Desa Tawabi bukan satu-satunya, sebab masih banyak masyarakat di pulau-pulau kecil lain yang mengalami hal serupa, bahkan lebih parah.

Ada yang harus berperahu hingga dua jam untuk mendapatkan akses air bersih. Sementara di saat yang sama, masyarakat di wilayah lain yang makmur air bersih justru boros air karena belum memiliki kesadaran yang tinggi akan keberlanjutan air bagi kehidupan.

Padahal sebagai sumber kehidupan, kesetaraan atas air sama halnya dengan kesempatan yang sama bagi manusia untuk menghirup udara untuk hidup. Air bisa dibilang bagian dari hak asasi manusia yang harus disetarakan.

Oleh karena itu, High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 di Bali membahas topik “Integrated Water Resources Management on Small Islands” di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung,untuk menyadarkan pentingnya komitmen atas kesetaraan air.

Forum ini layak diapresiasi atas inisiatifnya untuk mengingat mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil (small islands) yang tersebar di seluruh dunia dan sama-sama punya hak mendapatkan akses atau fasilitas air bersih.


Meningkatkan akses