PDIP ingin proses pembangunan IKN menggunakan teknologi dan geopolitik

id PDIP,Hasto Kristiyanto,IKN

PDIP ingin proses pembangunan IKN menggunakan teknologi dan geopolitik

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan kepada awak media di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

...Apakah dengan memindahkan ibu kota, kita menjadi hebat? Kita menjadi hebat, kata Bung Karno, kalau kita menguasai dengan kesadaran geopolitik tadi, kita menguasai ilmu pengetahuan, kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis, (6/6/2024)
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus memenuhi sejumlah kaidah, di antaranya memperhatikan pemanfaatan sumber daya manusia Indonesia, penggunaan teknologi, dan geopolitik.

"Apakah dengan memindahkan ibu kota, kita menjadi hebat? Kita menjadi hebat, kata Bung Karno, kalau kita menguasai dengan kesadaran geopolitik tadi, kita menguasai ilmu pengetahuan," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis, (6/6/2024).

Ia menegaskan perlunya perumusan kepentingan nasional dalam membangun IKN, yakni pertama, masuk lewat teknologi.

Hasto mencontohkan Bung Karno dalam memajukan negara banyak melahirkan insinyur.

"Bung Karno mengirim begitu banyak orang untuk bisa mengolah kekayaan alam kita, oleh insinyur-insinyur kita, anak-anak sekolah kita yang dikirimkan ke luar (negeri) bukan mengemis investor pada modal. Mereka ini sama dengan cara Belanda dulu, tidak berubah," jelasnya.

Kemudian, tambah Hasto, politik luar negeri diperbarukan. Lalu, memperbaiki pengelolaan sumber daya alam.

"Jadi, sumber daya alam bukan di depan, bukan di depan dalam memperjuangkan kepentingan nasional kita. Ini teruji secara teoritis, secara empiris," ujar Hasto.

"Jadi, maka mari kita sebagai anak-anak muda, sebagai kader-kader bangsa Indonesia. Indonesia bukan bangsa sembarangan. Indonesia itu lahir melebihi revolusi Perancis," tambahnya.

Baca juga: Kepala dan Wakil Otorita IKN mengundurkan diri
Baca juga: Artikel - Menjaga keseimbangan dan keanekaragaman hayati dalam pembangunan IKN
Baca juga: Menkominfo bilang Starlink uji coba di IKN mulai Mei









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PDIP ingin pembangunan IKN gunakan teknologi dan geopolitik