SAR evakuasi penumpang kapal mati mesin di Sikka

id Tim SAR gabungan, evakuasi, kapal mati mesin, KMP Semparong Jaya, Perairan Sukun, Kabupaten Sikka, NTT, Kepala Kantor Ba

SAR evakuasi penumpang kapal mati mesin di Sikka

Tim SAR gabungan saat bersama penumpang KMP Semparong Jaya yang mengalami mati mesin kapal di Perairan Sukun Kabupaten Sikka, NTT. (ANTARA/HO-Kantor Basarnas Maumere)

... KMP Semparong Jaya berangkat dari Pulau Sukun menuju Pelabuhan Wuring Maumere, namun dalam perjalanan kapal mengalami mati mesin
Labuan Bajo (ANTARA) - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan mengevakuasi 18 penumpang kapal motor penyeberangan (KMP) Semparong Jaya dengan rute Pulau Sukun-Maumere yang mengalami mati mesin di Perairan Sukun Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pada Senin (11/6) pukul 05.00 Wita, KMP Semparong Jaya berangkat dari Pulau Sukun menuju Pelabuhan Wuring Maumere, namun dalam perjalanan kapal mengalami mati mesin dan terombang-ambing hingga pukul 10.30 Wita," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (11/6/2024).
 
Setelah menerima informasi itu, lanjut dia, Tim SAR gabungan menuju lokasi kejadian dengan mengerahkan alat utama (alut) Kapal SAR RB 212 Maumere dan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 13.00 Wita.
 
Saat Tim SAR gabungan melakukan penyisiran, lanjut dia, bertemu dengan kapal yang melintas dan kru dari kapal tersebut dan menyampaikan bahwa KMP Semparong Jaya telah ditarik oleh dua kapal nelayan kembali ke Pulau Sukun.
 
"Kapal RB 212 Maumere digerakkan menuju Pulau Sukun untuk memastikan keberadaan KMP Semparong Jaya, sekitar pukul 14.15 Wita, tim sampai di Pulau Sukun dan bertemu dengan beberapa korban KMP Semparong Jaya yang mati mesin, dan setelah dicek KMP Semparong Jaya yang mati mesin telah berlabuh kembali di Pulau Sukun," katanya.
 
Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan seluruh penumpang kapal ditemukan dalam keadaan sehat.
 
"Terima kasih dan apresiasi tinggi kepada tim kapal nelayan yang berada di lokasi kejadian dan dengan sigap para nelayan tersebut menolong KMP Semparong Jaya, tanpa mereka sadari mereka telah menjadi salah satu Tim SAR gabungan," katanya.
 
Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad korban terbawa arus sungai di Sikka

Baca juga: Basarnas gelar simulasi penyelamatan korban kapal terbakar di Labuan Bajo










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR gabungan evakuasi 18 penumpang kapal mati mesin di Sikka