Layanan penyeberangan kapal feri kembali normal

id Burhan

Layanan penyeberangan kapal feri kembali normal

General Manager PT ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

"Layanan penyeberangan kapal-kapal feri di NTT sudah kembali normal. Semua lintasan penyeberangan di NTT sudah kami buka kembali sejak enam hari yang lalu," kata Burhan Zahim.
Kupang (ANTARA News NTT) - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Burhan Zahim mengatakan layanan penyeberangan kapal feri antarpulau di Nusa Tenggara Timur kembali normal seiring membaiknya kondisi cuaca di laut saat ini.

"Layanan penyeberangan kapal-kapal feri di NTT sudah kembali normal. Semua lintasan penyeberangan di NTT sudah kami buka kembali sejak enam hari yang lalu," kata Burhan kepada Antara di Kupang, Rabu (13/2).

Ia mengatakan, sebanyak 22 lintasan penyeberangan di wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu sudah dibuka kembali karena kondisi cuaca kembali kondusif.

"Baik penyeberangan kapal feri dari Kota Kupang ke kota-kota kabupaten maupun antarkabupaten sudah dilayani kembali," katanya.

Burhan mengatakan, sejumlah layanan penyeberangan sebelumnya sempat diberlakukan sistem buka-tutup karena disesuaikan dengan kondisi cuaca berupa angin kencang dan gelombang tinggi di perairan setempat.

Ia menyebutkan, seperti rute Kupang-Rote, Kupang-Kalabahi, Kupang-Aimere-Waingapu, Kupang-Sabu, namun rute-rute pelayaran tersebut sudah kembali normal sejak 7 Februari 2019.

Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan penyeberangan feri antarpulau yang sudah beroperasi secara normal tersebut untuk kelancaran urusan mereka, termasuk untuk distribusi barang-barang yang mungkin sempat tertunda dari awal tahun karena lintasan masih ditutup sementara.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus memantau informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) setempat untuk menyesuaikan layanan penyeberangan.

Baca juga: ASDP buka kembali rute penyeberangan Kupang-Aimere
Baca juga: Pengguna jasa pelayaran kapal feri keluhkan pelayanan