BMKG prediksi Cuaca cerah berawan-hujan ringan di Manggarai NTT selama sepekan

id BMKG, cuaca, cerah berawan, hujan sedang, Manggarai, NTT, Ruteng, Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega

BMKG prediksi Cuaca cerah berawan-hujan ringan di Manggarai NTT selama sepekan

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak, terutama di wilayah dataran tinggi yang rentan terhadap kondisi cuaca yang lebih dingin pada pagi dan malam hari,
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi cerah berawan hingga hujan ringan di beberapa wilayah selama sepekan.
 
"Dalam periode 7-13 September 2024, Kabupaten Manggarai diperkirakan akan mengalami cuaca yang bervariasi dengan kondisi cerah berawan hingga potensi hujan ringan di beberapa wilayah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Kupang, Jumat (6/9).
 
Ia menambahkan pada 7-8 September 2024, beberapa kecamatan, seperti Satar Mese, Ruteng, dan Langke Rembong berpotensi mengalami hujan ringan, terutama pada siang hingga sore hari.
 
Pada 9 September 2024 pagi cuaca cerah hingga berawan dengan suhu 17-25 derajat Celsius dan angin 2-5 km/jam.

Baca juga: BMKG : 225 kecamatan di NTT siaga kekeringan
Baca juga: BMKG ingatkan waspada gelombang 2,5 meter di perairan NTT
 
Ia mengimbau warga untuk selalu membawa payung atau jas hujan, terutama di wilayah-wilayah yang berpotensi hujan ringan, seperti Satar Mese, Ruteng, dan Langke Rembong pada siang hari.
 
Bagi petani yang sedang melakukan aktivitas di ladang, dia mengharapkan, memperhatikan perkembangan cuaca terutama pada 7-8 September di mana potensi hujan ringan dapat mempengaruhi aktivitas pertanian.
 
"Tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak, terutama di wilayah dataran tinggi yang rentan terhadap kondisi cuaca yang lebih dingin pada pagi dan malam hari," katanya.
 
Ia meminta masyarakat yang berencana melakukan perjalanan jauh untuk memastikan selalu memantau prakiraan cuaca harian guna menghindari kondisi cuaca yang tidak mendukung.