Andriko Susanto mengaku merasa terhormat pimpin NTT

id NTT,PJ Gubernur NTT,Kota Kupang,Andriko Noto Susanto

Andriko Susanto mengaku merasa terhormat pimpin NTT

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Andriko Noto Susanto ketika memberikan arahan kepada ASN dalam apel pagi di Kupang, Senin(09/09/2024). ANTARA/Ho-Humas Pemprov NTT.

...Menjadi penjabat gubernur di salah satu provinsi yang menjadi beranda Selatan NKRI dengan segala potensi luar biasa yang dimiliki oleh daerah yang berbatasan secara darat dengan Negara Timor Leste dan laut dengan negara Australia tentunya menjadi
Kupang (ANTARA) -  Andriko Noto Susanto mengatakan bahwa dirinya merasa terhormat karena bisa menjadi menjadi penjabat gubernur di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) berbasis kepulauan itu.

"Menjadi penjabat gubernur di salah satu provinsi yang menjadi beranda Selatan NKRI dengan segala potensi luar biasa yang dimiliki oleh daerah yang berbatasan secara darat dengan Negara Timor Leste dan laut dengan negara Australia tentunya menjadi kehormatan besar untuk saya dan keluarga," katanya di Kupang, Senin, (9/9).

Hal ini disampaikannya saat memimpin apel perdana sekaligus menjadi hari pertama dirinya masuk dan bertugas di Gedung Sasando di Kota Kupang.

Di hadapan para ASN di Kantor Gubernur NTT dia menyampaikan ungkapan rasa syukur setelah dilantik sebagai Penjabat Gubernur NTT oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian sebagaimana diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat 6 September yang lalu dan juga diterima secara adat sebagai warga NTT.

Karena itu dia berharap dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat NTT termasuk para ASN lingkup Pemerintah Provinsi NTT agar dirinya dapat menjalankan tugas dan amanah yang sudah diberikan kepadanya.

Menurutnya, salah satu faktor penting agar pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan sukses adalah tim kerja yang solid dan kuat, sehingga diperlukan semangat kebersamaan dan kolaborasi, kinerja pemerintah Provinsi NTT yang diharapkan semakin meningkat dan berdampak pada kemajuan daerah.

“Saya meyakini bahwa para ASN yang bekerja di lingkup Pemerintah Provinsi NTT memiliki kompetensi yang dapat diandalkan untuk dapat menopang kinerja pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance)," ujar dia.

Dia menambahkan bahwa sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan publik, kita sebagai ASN harus mampu menunjukkan dan meningkatkan kinerja dalam menyelesaikan persoalan publik.

Baca juga: Menkumham ajak seluruh ASN Kemenkumham jaga ekosistem KI di Indonesia

Selain itu, Core Values ASN yang utama adalah Ber-AKHLAK : Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Baca juga: 701 peziarah dari NTT berangkat ikuti misa bersama Paus di Timor Leste

Hal ini dimulai dengan meningkatkan disiplin waktu masuk atau keluar kantor, memperhatikan target kinerja yang telah ditetapkan, juga berpegang teguh pada integritas diri dalam menjalankan tugas sebagai ASN kreatif dan inovatif seturut perkembangan teknologi yang semakin pesat.