701 peziarah dari NTT berangkat ikuti misa bersama Paus di Timor Leste

id misa paus ,paus fransiskus,timor leste,peziarah ntt,warga ntt,plbn mota ain,imigrasi atambua

701 peziarah dari NTT berangkat ikuti misa bersama Paus di Timor Leste

Petugas memeriksa paspor peziarah di Pos Lintas Batas Negara Mota Ain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (7/09/2024).ANTARAFOTO/Mega Tokan

...Jumlah itu yang mendaftar melalui keuskupan Agung Kupang dan keuskupan Atambua, kata Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Maria Fatima Rika yang dihubungi dari Kupang, Senin, (9/9)
Kupang (ANTARA) - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menyatakan secara keseluruhan jumlah peziarah dari NTT yang mengikuti misa bersama Paus Fransiskus di Timor Leste berjumlah 701 orang yang terdata di dua keuskupan.

"Jumlah itu yang mendaftar melalui keuskupan Agung Kupang dan keuskupan Atambua," kata Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Maria Fatima Rika yang dihubungi dari Kupang, Senin, (9/9).

Hal ini disampaikan terkait dengan peziarah dari NTT (Indonesia) yang akan mengikuti misa bersama Paus Fransiskus di Timor Leste.

Sesuai data yang diterima, kata dia, Keuskupan Agung Kupang mengirimkan 201 peziarah dari Kupang, lalu dari Keuskupan Atambua berjumlah 600 peziarah.

"Tetapi ada juga yang sudah berangkat terlebih dahulu dengan mandiri, karena ingin berada di Dili dengan Waktu yang lebih lama," ujar dia.

701 peziarah itu nantinya akan dilepas keberangkatannya oleh Bupati Atambua menuju ke PLBN Mota Ain untuk kemudian berangkat ke Timor Leste.

Rika berharap agar semua peziarah memiliki dokumen yang lengkap, sehingga tidak menjadi kendala saat pemeriksaan dokumen di PLBN Mota Ain oleh para petugas Imigrasi.

"Semua dokumen harus dilengkapi seperti paspor, kartu peserta yang dikeluarkan oleh masing-masing Keuskupan, dan dokumen kendaraan yang ditumpangi peziarah," ujar dia.

Terkait dengan fasilitas pemeriksaan personel, Rika mengatakan instansi terkait yang bertugas melakukan pemeriksaan sudah menyiapkan semuanya.

Baca juga: Imigrasi Atambua tambah lima konter di PLBN layani peziarah

Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana Dimyati mengatakan pihaknya menyiagakan 80 personel untuk melayani peziarah.

Baca juga: PLBN Mota Ain dibuka selama 18 jam menjelang kunjungan Paus

Selain itu untuk mempercepat proses pemeriksaan dokumen, pihaknya menambah lima konter pemeriksaan, sehingga saat ini ada delapan konter pemeriksaan dokumen yang disiapkan.








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 701 peziarah NTT ikut misa bersama Paus Fransiskus di Timor Leste