Pj. Gubernur NTT ajak semua elemen jaga keamanan selama tahapan pilkada

id NTT,Pilkada 2024,Kota Kupang,Pj Gubernur NTT

Pj. Gubernur NTT ajak semua elemen jaga keamanan selama tahapan pilkada

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Andriko Noto Susanto saat memberikan kata sambutan dalam acara Deklarasi Pilkada Damai di Kupang, Selasa. ANTARA/Kornelis Kaha

Semangat pilkada damai bukan sekadar formalitas dan seremonial belaka, melainkan memuat komitmen dan konsistensi kita semua dan seluruh calon kepala daerah untuk menciptakan iklim yang kondusif...
Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Andriko Noto Susanto mengajak semua elemen masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu untuk bersama-sama menjaga iklim yang kondusif selama proses pilkada yang berlangsung di wilayah tersebut.

"Semangat dalam mewujudkan pilkada damai bukan sekadar formalitas dan seremonial belaka, melainkan memuat komitmen dan konsistensi kita semua dan seluruh calon kepala daerah untuk menciptakan iklim yang kondusif selama proses tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi NTT," katanya di Kupang, Selasa, (24/9).

Hal ini disampaikannya saat hadir dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang digelar oleh Polda NTT di halaman Mapolda NTT.

Dia mengatakan bahwa deklarasi ini merupakan bagian dari upaya membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi yang semuanya mengikat untuk diwujudkan dalam perhelatan Pilkada 2024 di NTT.

Andriko juga menerangkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, pilkada serentak secara nasional dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia di 545 daerah, baik itu provinsi maupun kabupaten/kota pada tanggal 27 November 2024.

“Hal ini menjadi tonggak sejarah baru yang menandai kematangan demokrasi Indonesia, dengan partisipasi dari ratusan daerah di seluruh nusantara dalam satu proses pemilihan," ujar dia.

Dia menambahkan pelaksanaan pilkada serentak secara nasional yang dilaksanakan pada tahun yang sama dengan pileg dan pilpres menunjukkan komitmen penuh dari seluruh elemen bangsa untuk memperkuat demokrasi dan otonomi daerah di negara ini.

Baca juga: Kapolda NTT: Sinergi TNI dan Polri redam potensi konflik pilkada

Ia juga meminta agar proses pilkada yang memasuki pada tahapan kampanye yang berlangsung mulai Rabu (25/9) hingga 23 November 2024 dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap pasangan calon kepala daerah.

Baca juga: KPU NTT batasi massa untuk ikut penarikan nomor urut

“Saya berharap agar para kontestan pilkada di NTT baik itu para calon gubernur dan wakil gubernur maupun para calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota dapat memanfaatkan masa kampanye ini untuk memperkenalkan diri, visi, dan program kerja masing-masing kepada masyarakat,” terang Andriko Susanto.