Kata BMKG, ada tropical depresion di selatan Pulau Timor

id bmkg

Kata BMKG, ada tropical depresion di selatan Pulau Timor

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun EL Tari, Bambang Santiajid. (ANTARA Foto/Bernadus Tokan)

BMKG menyebutkan saat ini ada tropical depresion (TD) yang terjadi di selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan saat ini ada tropical depresion (TD) yang terjadi di selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tropical depresion (TD) ini diperkirakan akan meningkat menjadi siklon tropis," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun EL Tari Bambang Santiajid kepada Antara di Kupang, Jumat (5/4).

"Dari analisa cuaca, BMKG Stasiun Meteorologi Kupang, pada 5 April 2019, terpantau adanya tropical depresion yang terjadi di Selatan Pulau Timor yang diprakiraan akan meningkat menjadi Siklon Tropis," kata Bambang.

Kondisi cuaca ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di sejumlah wilayah perairan laut NTT seperti Laut Sawu, perairan selatan Pulau Sumba, perairan selatan Kupang, Pulau Rote dan laut Timor selatan NTT.

Selain itu, terjadi peningkatan cuarah hujan di wilayah Pulau Rote dan Kabupaten Kupang disertai potensi angin kencang di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur. Kondisi cuaca ini diperkirakan akan berlangsung hingga 7 April 2019.

Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang beraktifitas di sekitar wilayah perairan laut yang berpotensi terjadi gelombang tinggi untuk memperhatikan keselamatan pelayaran dan mengamankan kapal-kapal.

Baca juga: Sekolah iklim dari BMGK untuk petani Kupang
Baca juga: Siklon tropis Veronika melanda wilayah NTT
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar