Mengapa Oelbiteno bisa jadi desa model di NTT

id desa model

Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat (tengah) bersama Bupati Kupang, Korinus Masneno (kanan) ketika melakukan kunjungan kerja ke Desa Oelbiteno, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kamis (18/7/2019). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Kita harus mulai dari desa. Banyak potensi yang harus kita genjot dan kembangkan untuk kesejahteraan masyarakat desa. PKK siap bekerja dan melayani masyarakat," ujar Ny Julie Sutrisno Laiskodat.
Kupang (ANTARA) - Desa Oelbiteno di Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang ditetapkan sebagai desa model pembinaan tim pengerak (TP) PKK serta menjadi desa unggul di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian dikatakan Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat ketika melakukan kunjungan kerjanya ke Desa Oelbiteno, Kamis (18/7).

"PKK NTT hanya fokus pada pembentukan desa model dan Desa Oelbiteno di Kabupaten Kupang menjadi pilot projectnya di NTT," katanya.

Menurut istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat itu, kelebihan desa model adalah sistem administrasi dan pembangunanya ditata dengan baik termasuk data kependudukannya yang harus lengkap dan disinergikan dengan program organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga membuatnya jadi desa unggul.

Ia menjelaskan, sebagai desa model maka semua penduduknya wajib memiliki data kependudukan yang lengkap, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), anak memiliki akte lahir serta pengendara kendaraan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ia berharap pemerintah Kabupaten Kupang dapat memberikan dukungan agar pembentukan Desa Oelbiteno sebagai desa unggul di NTT dapat terwujud dan berjalan dengan baik.

"Kita harus mulai dari desa. Banyak potensi yang harus kita genjot dan kembangkan untuk kesejahteraan masyarakat desa. PKK siap bekerja dan melayani masyarakat," ujarnya.

Kedatangan Ketua TP PKK Ny. Julie Sutrisno Laiskodat didampingi Tim UNICEF diterima Bupati Kupang, Korinus Masneno bersama Ketua TP. PKK Kabupaten Kupang Ny Damaris Masneno Mooy serta para tokoh adat dan masyarakat di Kecamatan Fatuleu Tengah.

Sementara itu Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan mendukung penuh terhadap program Desa Model di daerah itu dan berharap akan mendorong geliat pembangunan masyarakat di Desa Oelbiteno.

Ia berharap pelaksanaan program desa model ini dapat berjalan secara baik, sukses dan menjadi contoh bagi desa lainnya.

Ia menambahkan kegiatan pembangunan yang dilakukan bersama antara Pemda dan PKK untuk menghasilkan pembangunan terbaik bukan hanya pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan sumber daya manusia seutuhnya.

"Manusia Kabupaten Kupang harus menjadi manusia seutuhnya, memiliki ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial yang baik disertai dengan mental dan spiritual yang baik juga,” demikian Bupati Masneno.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar