Masyarakat Kota Kupang didorong pahami politik, kenapa?

id paham politik

Masyarakat Kota Kupang didorong pahami politik, kenapa?

Para tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, sedang mengikuti kegiatan kordinasi Forum Diskusi Politik bagi masyarakat yang berlangsung di Kupang, Kamis (25/7). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mendorong masyarakat untuk memahami proses politik demi terwujudnya perhelatan politik yang berlangsung dengan aman dan tertib di daerah ini.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mendorong masyarakat untuk memahami proses politik demi terwujudnya perhelatan politik yang berlangsung dengan aman dan tertib di daerah ini.

Demikian dikatakan staf ahli Wali Kota Kupang bidang kemasyarakatan dan SDM, Thomas Dagang ketika membuka kegiatan koordinasi Forum Diskusi Politik bagi masyarakat yang berlangsung di Kupang, Kamis (25/7).

Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta dari berbagai unsur seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus partai politik serta organisasi pemuda dan tokoh perempuan di Kota Kupang.

Ia mengatakan, masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam mendukung pembangunan nasional sehingga pemahaman politik masyarakat perlu ditingkatkan.

Dikatakannya, pentingnya pendidikan politik bagi semua komponen masyarakat agar dalam proses berpolitik dapat tercipta kondisi yang adil, aman dan sejahtera serta mampu menurunkan angka konflik horizontal dan vertikal yang terjadi dalam perhelatan politik.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo satukan dua kekuatan politik

"Masyarakat perlu diberikan pemahaman untuk menghilangkan stigma yang buruk terhadap partai politik yang masih dipandang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok dari pada kepentingan masyarakat dan negara," tegas Thomas Dagang.

Dikatakan Thomas Dagang, pemerintah Kota Kupang mengapresiasi kepada semua pihak di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini yang telah bekerja keras menyukseskan pesta demokrasi dengan menjaga keamanan dan ketertiban sehingga proses politik yang dilakukan tahun 2019 bisa berjalan dengan aman dan sukses.

Sementara itu Ketua panitia Mell Manafe, SH mengatakan kegiatan diskusi ini untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pemahaman politik dan perilaku politik kepada komponen masyarakat demi terciptanya stabilitas politik di daerah ini.

"Kegiatan ini juga untuk merumuskan langkah-langkah tindak lanjut dan kebijakan operasional terkait pelaksanaan program pendidikan politik dan menciptakan budaya politik dan stabilitas politik yang kondusif bagi terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kota Kupang," kata Mell Manafe.

Baca juga: Pidato politik Jokowi memberi rasa optimisme
Baca juga: Politik nasi goreng ala Megawati Soekarnoputri