Lima program prioritas untuk lima tahun di Kabupaten Kupang

id program prioritas kabupaten kupang

Lima program prioritas untuk lima tahun di Kabupaten Kupang

Bupati Kupang Korinus Masneno sedang menandatangani berita acara konsultasi publik terkait RPJMD 2019-2024. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menetapkan lima program unggulan sebagai prioritas utama terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2019-2024.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menetapkan lima program unggulan sebagai prioritas utama terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2019-2024.

Bupati Kupang, Korinus Masneno ketika dihubungi ANTARA di Kupang, Selasa (6/8), mengatakan lima program prioritas pemerintah Kabupaten Kupang selama lima tahun mendatang itu masing-masing pembangunan sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata.

Ia mengatakan rencana pembangunan lima sektor unggulan itu telah disampaikan pemerintah Kabupaten Kupang dalam forum konsultasi publik dengan DPRD, Muspida serta berbagai elemen masyarakat daerah itu, Senin (5/8).

Masneno mengatakan, pembangunan lima sektor unggulan dilakukan guna mewujudkan visi Kabupaten Kupang yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera.

Lebih lanjut Bupati Korinus Masneno mengatakan visi pembangunan Kabupaten Kupang terdiri dari tiga frasa yakni Kupang Maju, Kupang Mandiri dan Kupang Sejahtera.

Ia mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah daerah itu di antaranya mewujudkan sumber daya manusia Kabupaten Kupang yang berkualitas dan kompetitif, masyarakat yang mampu melakukan perubahan struktur ekonomi dengan konsep berpikir, bertindak dan kreatif dalam mengoptimalkan potensi asli daerah.

Baca juga: Pemkab Kupang tolak kuota pengiriman ternak ke Jawa

Dikatakannya, guna mewujudkan Kabupaten Kupang Sejahtera ialah dengan memotivasi masyarakat hidup sehat, cerdas, dan produktif dan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Revolusi 5 P menjadi semangat dan nilai perubahan kolektif dalam mengembangkan dan meningkatkan produktifitas daerah secara revolusioner pada 5 bidang unggulan,” jelas Masneno.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yohanis Mase mengatakan DPRD sebagai mitra pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pembangunan melalui RPJMD tahun 2019-2024.

Politisi PDIP Kabupaten Kupang itu menilai RPJMD Kabupaten Kupang periode 2019-2024 melalui program revolusi 5 P dapat menghasilkan rencana pembangunan dan program terbaik dalam memajukan Kabupaten Kupang yang maju.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Kupang, Marthen Rahakbauw mengatakan guna mengimplementasikan RPJMD periode 2019-2024 telah dilakukan Forum Konsultasi Publik dilakukan pemerintah daerah ini guna merumuskan dan menajamkan isu strategis, permasalahan dan sasaran strategis dari rencana awal RPJMD.

Baca juga: Pemkab Kupang apresiasi pembangunan jalan sepanjang 40 kilometer
Baca juga: Pemkab Kupang kembangkan lima objek wisata