Seorang penumpang KM Sirimau lompat ke laut

id Penumpang terjun ke laut

Seorang penumpang KM Sirimau lompat ke laut

Tim pencari dan pertolongan sedang melakukan pencarian terhadap Yohanes Seran Bria (41), penumpang KM Sirimau yang melompat ke laut di Tanjung Kabola, Kabupaten Alor, Selasa (29/10) malam. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere

Tim Basarnas Maumere, Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pencarian terhadap Yohanes Seran Bria (41, penumpang KM Sirimau yang melompat ke laut di Tanjung Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.
Kupang (ANTARA) - Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pencarian terhadap Yohanes Seran Bria (41, penumpang KM Sirimau yang melompat ke laut di Tanjung Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana dalam penjelasanya kepada ANTARA di Kupang, Rabu (30/10) mengatakan, tim SAR masih melakukan pencarian terhadap Yohanes Seran Bria, warga Desa Muara Laka, Kabupaten Kutai Karta Negara, Provinsi Kalimantan Timur yang melompat dari KM Sirimau di perairan Tanjung Kabola, Kabupaten Alor.

"Operasi pencarian hari pertama pada Selasa (29/10) terhadap kecelakaan pelayaran berupa satu orang penumpang KM Sirimau yang melompat di perairan utara Pulau Alor masih nihil. Korban belum ditemukan," kata I Putu Sudayana.

Ia mengatakan, Basarnas mengetahui adanya peristiwa itu setelah menerima laporan dari PT Pelni Alor bahwa seorang penumpang KM Sirimau hilang setelah melompat ke laut.

Baca juga: Sebelas nelayan berhasil diselamatkan di perairan Laut Sawu
Baca juga: Tim SAR lanjutkan pencarian korban tabrakan kapal di Watanpao


Dikatakannya, tim SAR yang berada di Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor langsung melakukan operasi pencarian di lokasi kejadian pada kordinat 8°05'60.00"S - 124°27'01.00"E atau sekitar 20 mil dari Pelabuhan Kalabahi, Alor.

"Pada operasi hari pertama tidak membuahkan hasil dan operasi pencarian terhadap korban dihentikan karena sudah malam dengan jarak pandang yang terbatas. Operasi pencarian dilanjutkan hari kedua Rabu (30/10) pagi ini," kata I Putu Sudayana.

Ia mengatakan dalam operasi pencarian hari kedua selain melibatkan satu unit RIB 500 PK juga mengerakkan satu rubber boat 30 PK dari dermaga Kokar menuju lokasi kejadian untuk membantu pencarian terhadap korban.

Menurut dia, pencarian terhadap Yohanes Seran Bria (41) melibatkan potensi SAR dari unsur Pos SAR Alor, TNI AL, Polair, PT Pelni dan BPBD dengan menyisir sepanjang pantai Kokar menuju arah timur. 

Baca juga: KM Ratu Pelangi tenggelam, 11 wisatawan asing berhasil diselamatkan SAR
Baca juga: Tim SAR temukan satu mayat korban KM Nusa Kenari