Polresta Kupang Tingkatkan Pengamanan Selama Ramadhan

id Pekat

Polresta Kupang Tingkatkan Pengamanan Selama Ramadhan

Kapolres Kupang Kota AKBP AKBP Anthon Ch Nugroho (kiri) saat mendampingi Kapolda NTT Irjen Pol Sabar Agung Santoso beberapa waktu lalu di Polresta Kupang Kupang. (Foto ANTARA/Kornelis Kaha)

Kepolisian Resor Kupang Kota meningkatkan operasi pengamanan selama bulan suci Ramadhan dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di ibukota provinsi NTT tersebut.
Kupang (Antara NTT) - Kepolisian Resor Kupang Kota meningkatkan operasi pengamanan selama bulan suci Ramadhan dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di ibukota provinsi NTT tersebut.

"Sebenarnya operasi rutin sudah kita lakukan setiap hari sebelum bulan puasa. Namun untuk selama bulan ini kita tingkatkan operasinya dari yang hanya dua atau tiga kali seminggu menjadi setiap hari dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Ch Nugroho di Kupang, Selasa.

Ia menjelaskan selama bulan puasa ini pihaknya melakukan sejumlah operasi seperti oeperasi Pekat yang sasarannya adalah mencegah beredarnya minuman keras, prostitusi serta kejahatan di jalanan seperti begal dan sebagainya.

Di samping kejahatan seperti begal, kasus pencurian motor di jalanan juga sering terjadi di kota Kupang. Data Januari hingga April sudah ada 50an kasus yang sudah ditangani oleh Polres Kupang Kota.

"Maraknya kasus pencurian ini membuat kami harus ekstra ketat berpatroli, tidak hanya Polres, tetapi juga Polsek-Polsek pun turun untuk berpatroli," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan razia juga hingga saat ini terus dilakukan. Razia tersebut dilakukan di sejumlah hotel serta kos-kosan yang ada di Kota Kupang yang diduga menjadi kawasan yang mencurigakan.

Razia itu sendiri lanjutnya dilakukan dengan mengandeng aparat TNI serta Satpol PP Kota Kupang, sehingga razianya lebih mudah.

Sampai dengan saat ini menurutnya belum ditemukan adanya hal-hal yang berkaitan dengan masalah gangguan Kamtibmas di Kota Kupang.

Anthon juga menyampaikan terima kasihnya kepada sejumlah ormas di Kota Kupang yang tidak terlibat dalam operasi seperti razia di setiap sudut kota Kupang.

"Kami bersyukur bahwa ormas-ormas disini mengerti sehingga mereka tidak perlu harus turun untuk sweaping dan sebagainya. Karena memang mereka tahu itu adalah tugas dari pihak keamanan," tambahnya.

Ia mengimbau agar, masyarakat di Kota Kupang tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Kota tersebut julukan kota Kasih tetap melekat di kota tersebut.