Polres Kupang perketat pengawasan di pelabuhan laut menjelang pemilu 2024

id NTT,operasi pekat,pemilu 2024

Polres Kupang perketat pengawasan di pelabuhan laut menjelang pemilu 2024

Tim satuan tugas operasi penyakit masyarakat (pekat) Turangga 2023 Polres Kupang melakukan pemeriksaan barang bawaan peumpang di pelabuhan penyeberangan feri Bolok, Kabupaten Kupang. (ANTARA/HO-Humas Polres Kupang)

...Tim satuan tugas operasi penyakit masyarakat (pekat) Turangga 2023 Polres Kupang terus melakukan pengawasan di Pelabuhan Bolok. Dalam operasi itu tim satgas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang untuk mendeteksi ada tidaknya baran
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Resort Kupang, Polda Nusa Tenggara Timur, terus memperketat pengawasan di pelabuhan ASDP Feri Bolok dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang dimulainya tahapan pemilihan umum 2024 di wilayah Kabupaten Kupang.

"Tim satuan tugas operasi penyakit masyarakat (pekat) Turangga 2023 Polres Kupang terus melakukan pengawasan di Pelabuhan Bolok. Dalam operasi itu tim satgas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang untuk mendeteksi ada tidaknya barang berbahaya yang dibawa penumpang," kata Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, di Kupang, Jumat, (29/9/2023).

Adapun sasaran operasi yang dilaksanakan di pelabuhan tersebut yaitu minuman keras tradisional, obat-obatan terlarang atau narkoba, premanisme dan senjata tajam serta senjata api rakitan.

Dalam operasi yang dipimpin Kabagops Polres Kupang AKP Made Kumara melakukan pemeriksaan bawang bawaan penumpang berlangsung di depan pintu keluar pelabuhan Bolok dengan menyasar para penumpang yang baru turun dari Kapal Motor Penyeberangan Lakaan yang melayani rute pelayaran Kalabahi - Kupang dan KMP Inerie II dengan rute pelayaran dari Sumba - Aimere - Kupang.

Ia mengatakan dalam operasi yang dilakukan pada Kamis (27/9) dini hari di pelabuhan Bolok Kecamatan Kupang Barat, tim satgas operasi pekat menyita enam buah parang dan sekitar 200 liter minuman keras tradisional jenis sopi yang disita dari para penumpang yang dikemas dalam jerigen ukuran 5-10 liter maupun botol air mineral ukuran 1,5 liter mencapai puluhan botol.

"Pihak Kepolisian sudah menyita barang-barang tersebut dan telah dibuatkan berita acara penitipan barang di Polres Kupang," katanya.

Baca juga: Polres Sumba Barat Daya antisipasi gangguan kamtibmas Pemilu 2024

Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan operasi rutin dilakukan Kepolisian dalam rangkaian memelihara keamanan dan ketertiban dan cipta kondisi menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 dan kelancaran dalam pelaksanaan operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 serta memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Baca juga: Polres Manggarai Timur gelar simulasi pengamanan pemilu 2024

"Operasi ini merupakan operasi rutin kepolisian yang digelar dalam rangkaian Harkamtibmas dan cipta kondisi menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024 untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata Kapolres.