13 Atlet Tinju Berlaga di Kejurnas PPLP

id Tinju

13 Atlet Tinju Berlaga di Kejurnas PPLP

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT Lambert Tukan

Sebanyak 13 atlet tinju asal Nusa Tenggara Timur akan berlaga di Kejuaraan Nasional Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Maluku pada Oktober mendatang.
Kupang (Antara NTT) - Sebanyak 13 atlet tinju asal Nusa Tenggara Timur akan berlaga di Kejuaraan Nasional Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Maluku pada Oktober mendatang.

"Ada 13 atlet yang sudah kami siapkan untuk menghadapi kejuaraan nasional atlet tinju PPLP di Maluku," kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT Lambert Tukan kepada Antara di Kupang, Jumat, terkait kesiapan atlet NTT menghadapi Kejurnas PPLP di Maluku.

Dia mengatakan, para atlet NTT itu saat ini sedang ditangani oleh para pelatih tinju PPLP NTT yakni Karek Muskanan dan Asisten Pelatih Yanto Fallo.

Lamber Tukan mengatakan, dalam kejuaraan nasional itu, NTT bertekad mempertahankan gelar juara umum yang diraihnya pada Kejurnas Tinju PPLP tahun 2016 di Kupang.

Pada Kejurnas Tinju PPLP tahun 2016 di Kupang, Provinsi NTT sebagai tuan rumah mampu meraih juara umum dengan mendulang delapan medali emas, satu perak dan dua medali perunggu.

"Dalam Kejurnas Tinju PPLP tahun 2017 di Maluku, petinju PPLP NTT kembali bertekad ingin mempertahankan prestasi yang sama yang diraihnya pada Kejurnas Tinju PPLP tahun 2016 di Kupang sebagai kontingen tinju juara umum," tambah pelatih tinju PPLP NTT, Karel Muskanan.

Mengenai keikutsertaan petinju PPLP NTT di ajang Kejurnas Tinju Yunior dan Youth tahun 2017 yang akan berlangsung tanggal 1-7 Agustus 2017 di Kupang, Karel Muskanan mengatakan, kejurnas akan dipakai sebagai ajang mengadu kemampuan.

"Memang ajang Kejurnas Tinju Yunior dan Youth pertarungan jauh lebih ketat karena diikuti semua petinju terbaik kategori yunior yang ada di sebuah provinsi. Namun petinju PPLP NTT sudah siap," katanya.

Dia mengaku sebelum tampil di Kejurnas Tinju PPLP, petinju PPLP NTT nantinya akan tampil di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2017 di Semarang, Provinsi Jateng pada bulan September mendatang.

Di ajang Popnas Semarang itu, kata dia, para atlet bisa belajar untuk bertanding di luar daerah, sebelum berangkat ke Maluku pada Oktober mendatang, katanya.

Lambert Tukan menambahkan, khusus untuk cabang olahraga Silat, NTT mengirim atlet untuk mewakili NTT di Kejurnas Pencak Silat atlet PPLP di Mataram. "Untuk Kejurnas Pencak Silat yang berlangsung di Mataram 5-9 Juli, NTT mengirim lima atlet," katanya.