Kota Kupang dapat bantuan 950 lampu 'solar cell'

id NTT,Kota Kupang,Wali Kota Kupang,bantuan lampu jalan,solar cell

Kota Kupang dapat bantuan 950  lampu 'solar cell'

Ilustrasi - Lampu penerangan jalan jenis solar cell yang dibangun di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Bantuan lampu solar cell ini sudah kami proses, sudah ada pemenang proyeknya tinggal kita tempatkan di titik-titik mana saja sesuai kebutuhan
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang mendapat bantuan dari pemerintah pusat berupa 950 unit lampu bertenaga sinar matahari (solar cell) untuk penerangan jalan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Bantuan lampu solar cell ini sudah kami proses, sudah ada pemenang proyeknya tinggal kita tempatkan di titik-titik mana saja sesuai kebutuhan," kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore di Kupang, Rabu, (12/8).

Ia menjelaskan bantuan lampu solar cell untuk Kota Kupang ini merupakan yang terbanyak dibanding daerah atau kota lain di Tanah Air.

Sebelum adanya pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) lanjut Jefri, Kota Kupang mendapatkan 2.250 titik lampu dan setelah adanya panemi ini menjadi 950 unit lampu solar cell.

"Kita mendapat paling banyak, kalau di daerah lain itu paling tinggi 300 unit, sementara tahun ini dapat kita sampai 950 unit," katanya.

Jefri mengapresiasi dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral untuk bantuan ini.

Ia mengatakan lampu penerangan jalan merupakan infrastruktur penting yang bisa mempercantik wajah Kota Kupang pada malam hari.

Di sisi lain juga untuk meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan warga yang beraktivitas pada malam hari, katanya.

Baca juga: Napi Berhasil Kembangkan Solar Cell

Baca juga: 400 lampu jalan di Kota Kupang tidak berfungsi, PLN tidak suplai arus listrik


"Karena itu penerangan jalan ini menjadi bagian dari prioritas untuk dikerjakan agar Kota Kupang menjadi kota yang semakin cantik dan nyaman untuk dihuni," katanya.

Jefri menambahkan selain bantuan lampu solar cell ini, pemerintah kota juga sedang memproses pemasangan ribuan lampu jalan pada ruas jalan protokol maupun bukan protokol.