Rumah sakit di kota Kupang dipenuhi pasien COVID-19

id NTT

Rumah sakit di kota Kupang dipenuhi pasien COVID-19

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore (kanan) ketika meninjau RSUD SK Lerik. ANTARA/Benny Jahang

"Kami akan menyurati pemerintah provinsi NTT untuk meminta bantuan menyediakan sejumlah rumah sakit cadangan untuk perawatan pasien COVID-19
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menyebutkan ruangan perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik sudah mulai penuh dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ruangan perawatan pasien COVID-19 di RSUD SK Lerik sudah mulai penuh dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga Pemerintah Kota Kupang akan meminta bantuan Pempov NTT untuk dapat membantu menyiapkan rumah sakit lain untuk tempat perawatan pasien COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati ketika dihubungi di Kupang, Jumat (13/11).

RSUD SK Lerik semula menyiapkan 20 ruangan isolasi untuk tempat perawatan pasien COVID-19, namun semuanya sudah hampir penuh.

Kendati demikian kata Retno, sejumlah rumah sakit di Kota Kupang masih memungkinkan untuk menampung pasien COVID-19.

"Kami akan menyurati pemerintah provinsi NTT untuk meminta bantuan menyediakan sejumlah rumah sakit cadangan untuk perawatan pasien COVID-19,"tegas Retno.

"Rumah sakit kita di Kota Kupang pada umumnya masih mampu menampung pasien COVID-19," katanya.

Baca juga: Empat pasien positif COVID-19, Lembata kembali jadi zona merah
Baca juga: Ratusan guru di Kota Kupang dapat bantuan sosial dampak COVID-19


Ia mengatakan, Pemerintah Kota Kupang hanya menyiapkan ruangan isolasi untuk merawatan pasien yang terkonfirmasi COVID-19, sedangkan orang tanpa gejala (OTG) diharapkan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah secara teratur.

Sementara itu juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Kupang, Ernest Ludji mengatakan, kasus COVID-19 di Kota Kupang terus meningkat sehingga berdampak pada keterbatasan ruangan isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ruangan perawatan rumah sakit milik pemerintah Kota Kupang sudah hampir penuh,"tegasnya.

Hingga Kamis (12/11) jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 tercatat 254 orang dan yang dinyatakan sembuh 119 orang dan dalam perawatan medis sebanyak 125 orang serta meninggal dunia 10 orang serta 43 melakukan karantina mandiri.

Berdasarkan data pada gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi NTT menyebutkan 125 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kupang sedang dalam perawatan di delapan rumah sakit di ibu kota provinsi NTT itu.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar