Logistik Pilkada Belu sudah siap

id Belu, NTT, Kota Kupang, Pilkada serentak

Logistik Pilkada Belu sudah siap

Dokumentasi - Sejumlah kotak suara dan kelengkapan lainnya disiapkan untuk didistribusikan ke TPS di Kabupaten Belu, NTT, Senin (15-4-2019). ANTARA/Kornelis Kaha

Saat ini 80 persen logistik seperti kotak suara, tinta, dan alat pelindung diri (APD), sudah siap. Kami masih menunggu surat suara yang hingga saat ini masih dicetak di Surabaya, Jawa Timur
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, menyatakan sejumlah logistik untuk pilkada serentak, 9 Desember mendatang, sudah siap semua, tinggal logistik yang dibuat di Surabaya.

"Saat ini 80 persen logistik seperti kotak suara, tinta, dan alat pelindung diri (APD), sudah siap. Kami masih menunggu surat suara yang hingga saat ini masih dicetak di Surabaya, Jawa Timur," kata Ketua KPU Kabupaten Belu Michael Nahak saat dihubungi ANTARA dari Kupang, Senin, (16/11).

Hal itu disampaikan terkait dengan persiapan logistik untuk pilkada serentak di sembilan kabupaten, NTT.

Baca juga: KPU Belu tambah TPS cegah kerumunan massa di pilkada

Saat ini, kata Michael, yang sudah disiapkan dan menunggu distribusi adalah tinta. Selain itu, juga kotak suara sebanyak 426 unit yang nantinya akan didistribusikan jika surat suara telah tiba.

"Untuk kotak suara, sudah dirakit semua, sudah siap semua, dan jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS, yakni 426 kotak suara. Begitu pula dengan tinta dan APD juga sudah siap," katanya.

Ia mengharapkan agar dalam pekan ini surat suara yang dibuat di Surabaya bisa segera dikirim agar persiapannya juga berjalan lancar karena pihaknya memerlukan waktu lagi untuk mengecek atau menyortir kertas suara itu terlebih dahulu.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Makarius. Menurut dia, segala persiapan logistik pilkada sedang dikerjakan saat ini.

"Untuk kotak suara, saat ini sedang dilakukan perakitan oleh petugas sambil menunggu distribusi surat suara dari Surabaya," katanya.

Makarius mengatakan bahwa distribusi surat suara dari Surabaya harus dilakukan paling tidak dalam pekan ini mengingat pihaknya harus membutuhkan waktu yang lama untuk menyortirnya.

Baca juga: Dua paslon Bupati-Wakil Bupati Belu lakukan ikrar kampanye damai

Untuk jumlah kontak suara bagi daerah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka mencapai 407 unit, yang akan dibagikan ke setiap tempat pemungutan suara masing-masing satu kotak suara.

Ia pun berharap agar pelaksanaan pilkada di NTT dapat berjalan aman dan damai, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang hingga kini masih meyerang seluruh dunia, termasuk Indonesia. 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar