Siloam Kupang gelar vaksinasi bagi lansia di pusat perbelanjaan

id Vaksinasi, NTT,Kota Kupang

Siloam Kupang gelar vaksinasi bagi lansia di pusat perbelanjaan

Peserta vaksin lansia mengantre untuk melaksanakan vaksinasi di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang, NTT, Jumat (19/3/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Selama persediaan vaksin masih ada, kami akan tetap melakukan vaksinasi bagi lansia karena selama ini kami mendapat pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Kupang,
Kupang (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Siloam Kupang menggelar vaksinasi bagi para lansia di Kota Kupang yang mana lokasi vaksinasinya dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang.

Direktur RS Siloam Kupang dr. Hans Lie yang ditemui Antara saat memantau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Lippo Plaza Kupang, Jumat (18/3) mengatakan bahwa pelaksaan vaksinasi bagi lansia yang dilakukan di pusat perbelanjaan dalam rangka memberikan kenyamanan bagi para lansia di kota itu.

"Kami pilih lokasi di Lippo karena memang lokasinya luas, serta kami ingin agar para lansia yang  datang untuk menerima vaksin bisa lebih nyaman, selain dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Kupang," katanya.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Kota Kupang sendiri sudah dimulai sejak Kamis (18/3), dimulai pukul 09.00 wita sampai dengan pukul 13.00 wita.

Proses pelayanan vaksinasi juga hanya dibuka pada Senin-Jumat, sementara pada hari Sabtu dan Minggu pihaknya tidak dapat memberikan pelayanan.

Lansia yang datang untuk vaksin juga dibatasi. Per harinya Siloam Kupang hanya menerima 60 lansia yang memang sudah terdaftar dan siap untuk menerima vaksin Sinovac tersebut.

"Selama persediaan vaksin masih ada, kami akan tetap melakukan vaksinasi bagi lansia karena selama ini kami mendapat pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Kupang," ujar dia.

Baca juga: 9.900 pejabat publik dan lansia Kota Kupang sudah vaksin tahap pertama
Baca juga: 4.574 lansia di NTT sudah jalani vaksinasi COVID dosis pertama


Ia menambahkan bahwa lansia-lansia di Kota Kupang yang ingin mendapatkan vaksinasi dari Siloam, caranya harus mendaftar melalui link  Kemenkes Kota Kupang yakni  : kupang.kemkes.go.id.

Setelah terdaftar maka lansia yang sudah terdaftar diminta untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu di nomor aplikasi "Whatsapp" Siloam Kupang di nomor 0822-3500-8012 dan nanti akan ada konfirmasi balasan dari pihak Siloam.

"Mereka yang sudah melakukan pemesanan akan dapat informasi untuk jam berapa harus datang ke Lippo untuk divaksin. Ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan," tambah dia.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Penangulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sri Wahyuningsih mengapresiasi apa yang dilakukan oleh RS Siloam karena membantu pemerintah Kota Kupang dalam mempercepat vaksinasi bagi lanjut usia di Kota Kupang.

'Sampai dengan saat ini jumlah lansia di Kota Kupang yang sudah vaksin pertama sekitar 4000an," ujar dia.