PLN NTT alirkan listrik bagi 10 desa terpencil

id NTT, PLN NTT, listrik desa

PLN NTT alirkan listrik bagi 10 desa terpencil

Sejumlah petugas saat bekerja membangun jaringan listrik desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Ini hadiah menyambut Perayaan Paskah yang sudah berlalu serta Lebaran bagi masyarakat setempat yang merayakan
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mencatat sebanyak 10 desa yang tersebar di provinsi berbasiskan kepulauan itu teraliri listrik PLN dalam periode Januari-April 2021.

"Dengan melistriki 10 desa di wilayah terpencil ini maka sebanyak 4.085 kepala keluarga yang selama ini mengandalkan penerangan pelita akhirnya bisa menikmati listrik PLN," kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Agustinus Jatmiko di Kupang, Senin,  (3/5) terkait progres pembangunan listrik desa di NTT.

Ke-10 desa tersebut yakni Desa Kelaisi Tengah dan Desa Kelaisi Barat di Kabupaten Alor, Desa Golo Ketak, Desa Mbuit, Desa Golo Lewe, Desa Sompang Kolang, Desa Golo Lajang, Desa Pacar di Kabupaten Manggarai Barat.

Selain itu, Desa Daha Elu di Kabupaten Sumba Tengah, dan Desa Cendana di Kabupaten Sumba Timur.

Agustinus mengatakan untuk melistriki desa-desa tersebut, PLN mengucurkan investasi senilai Rp8,2 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur pendukung.

Infrastruktur dimaksud berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 40,28 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 66,81 kms dan 11 buah gardu dengan total 550 kilo Volt Ampere (kVA).

Agustinus mengatakan pihaknya merasa senang akhirnya masyarakat di 10 desa tersebut bisa menikmati listrik untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti di sektor pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

"Ini juga menjadi hadiah untuk menyambut Perayaan Paskah yang sudah berlalu serta Lebaran bagi masyarakat setempat yang merayakan," katanya.

Agustinus menambahkan pihaknya berkomitmen akan terus berusaha untuk menerangi desa-desa di wilayah pelosok yang sulit dijangkau agar dapat menjawab kerinduan masyarakat akan kebutuhan listrik.

Baca juga: PLN pulihkan pasokan listrik di Sabu Raijua
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar