Satgas Pamtas RI-Timor Leste bantu sekolah menjadi pengawas ujian akhir

id NTT, timor Tengah Utara, Satgas amtas RI-Timor Leste, SD Manusasi, pengawas ujian

Satgas Pamtas RI-Timor Leste bantu sekolah menjadi pengawas ujian akhir

Personel TNI dari satgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Barat saat mengawasi pelaksaan ujian akhir sekolah di SD Manusasi, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Selasa (4/5/2021). (ANTARA/HO-Satgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Barat)

... ini merupakan bentuk dukungan bagi sektor pendidikan di wilayah beranda NKRI itu untuk menghasilkan generasi penerus bangsa menjadi pribadi yang berkarakter jujur dan bertanggung jawab
Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste mengerahkan personel untuk membantu pihak sekolah SD Katholik Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, menjadi pengawas ujian akhir semester di sekolah itu.

"Tenaga pendidik dari TNI Satgas Pamtas RI-Timor Leste di Pos Manusasi ada empat orang yang kami kerahkan menjadi pengawas ujian akhir sekolah," kata Komandan Satgas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto ketika dikonfirmasi Kupang, Selasa, (4/5).

Ia menjelaskan keterlibatan personel satgas sebagai pengawas ujian ini merupakan bentuk dukungan bagi sektor pendidikan di wilayah beranda NKRI itu untuk menghasilkan generasi penerus bangsa menjadi pribadi yang berkarakter jujur dan bertanggung jawab.

Oleh karena itu saat menjalankan peran pengawasan, pihaknya juga mengimbau dan membangun kesadaran para siswa agar tidak berbuat curang seperti mencontek dan melihat hasil pekerjaan teman saat ujian.

"Para siswa-siswi pun dengan senang menyambut dan taat sehingga suasana ujiam di dalam ruangan tertib dan tenang saat mengisi soal-soal ujian," katanya.

Radianto berharap dengan upaya seperti ini dapat membantu terbentuknya karakter siswa agar tumbuh menjadi generasi yang jujur dan bertanggung jawab.

"Kami ingin agar anak-anak kita generasi di wilayah perbatasan ini tumbuh dengan karakter unggul di tengah masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Katholik Manusasi, Marta, mewakili pihak sekolah menyampaikan terima kasih atas dukungan TNI melalui Satgas Pamtas dalam membangun sektor pendidikan bagi anak-anak di sekolah setempat.

"Semua kegiatan ujian juga berjalan tertib dan lancar dengan dukungan bapak-bapak dari TNI," katanya.

Ia juga mengaku mengapresiasi dan merasa bangga melihat peran personel Satgas Pamtas dalam membina para pelajar agar memiliki karakter jujur dan bertanggung jawab melalui momentum ujian akhir sekolah dan telah disambut antusis para pelajar.

Baca juga: Satgas Pamtas buka dapur umum bantu korban bencana Malaka
Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste bantu perbaiki irigasi rusak akibat banjir
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar