Satgas periksa kesehatan lansia di perbatasan RI-Timor Leste

id NTT,Satgas Pamtas RI-Timor Leste,Yonarmed 6/3 Kostrad,warga perbatasan,warga lansia,layanan kesehatan

Satgas periksa kesehatan lansia di perbatasan RI-Timor Leste

Kegiatan pelayanan kesehatan bagi warga lansia di Desa Nunsena, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. (ANTARA/HO-Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat)

...Jadi dengan ini kami bisa memiliki data yang valid terkait keadaan lansia beserta kondisi kesehatannya yang berada di wilayah binaan kami
Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste Sektor Barat menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi warga lanjut usia (lansia) di Desa Nunsena, Kabupaten Timor Tengah Utara yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

"Pelayanan kesehatan secara gratis ini membantu warga lansia agar mereka bisa memeriksakan kesehatannya sehingga bisa menjaga kondisi dan aktivitasnya di usia senja," katanya Komandan Pos Aplal Satgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Sersan Mayor TNI Harianto ketika dihubungi dari Kupang, Senin, (6/9).

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Satgas Pamtas dalam upaya mengatasi kesulitan warga lansia untuk mengakses layanan kesehatan.

Pihaknya menghadirkan sejumlah tenaga medis dari Puskesmas Tasinifu untuk memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat-obatan maupun penanganan berbagai keluhan kesehatan para warga lansia.

Harianto mengatakan selain untuk membantu warga, kegiatan ini juga merupakan momentum untuk mendapatkan data terkait kondisi kesehatan warga lansia di wilayah beranda NKRI itu.

"Jadi dengan ini kami bisa memiliki data yang valid terkait keadaan lansia beserta kondisi kesehatannya yang berada di wilayah binaan kami," katanya.

Data ini, kata dia akan menjadi dasar atau pegangan apabila ke depan akan diadakan kegiatan yang berkaitan dengan warga lansia di wilayah setempat.

Sementara itu, warga Desa Nunsena yang menerima layanan kesehatan, Katerina Tefa mengaku bersyukur bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dari pihak Satgas Pamtas RI-Timor Leste.

"Layanan kesehatan ini adalah berkat bagi kami. Terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang sudah peduli pada kesehatan warga lansia di desa kami," katanya.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste sumbang puluhan kantong darah

Baca juga: 100 pucuk senpi ditemukan di perbatasan RI-RDTL