Kadishub bilang hampir semua daerah di NTT tersambung transportasi laut

id NTT,Dinas Perhubungan NTT,transportasi laut

Kadishub bilang hampir semua daerah di NTT tersambung transportasi laut

Ilustrasi - Sebuah truk saat keluar dari kapal fery yang bersandar di Pelabuhan Waijarang, Kabupaten Lembata.(ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Pelabuhan-pelabuhan laut kita sudah disinggahi oleh kapal-kapal laut, baik itu kapal perintis maupun tol laut
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur Isyak Nusa mengatakan kondisi transportasi laut yang menghubungkan antardaerah di wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu sudah memadai yang  ditandai dengan adanya konektivitas hampir semua daerah.

 "Pelabuhan-pelabuhan laut kita sudah disinggahi oleh kapal-kapal laut, baik itu kapal perintis maupun tol laut," katanya ketika dihubungi di Kupang, Jumat, (17/9).

Isyak Nuka menyebutkan saat ini pelabuhan-pelabuhan yang ada di seluruh pulau besar di NTT telah dilayani kapal perintis dengan pelabuhan utama di Pulau Timor yakni Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Pelabuhan Bolok Kabupaten Kupang, Pelabuhan Wini Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Pelabuhan Atapupu di Kabupaten Belu.

Kemudian di Pulau Flores antara lain Pelabuhan Maumere Kabupaten Sikka, Pelabuhan Ende Kabupaten Ende, Pelabuhan Reo Kabupaten Manggarai, Pelabuhan Maropokot Kabupaten Nagekeo, Pelabuhan Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Selain itu Pelabuhan Lewoleba Kabupaten Lembata, Pelabuhan Kalabahi Kabupaten Alor, Pelabuhan Ba'a Kabupaten Rote Ndao, Pelabuhan Seba Kabupaten Sabu Raijua, serta di Pulau Sumba antara lain Pelabuhan Waingapu Kabupaten Sumba Timur dan Pelabuhan Waikelo Kabupaten Sumba Barat Daya.

Isyak Nuka menjelaskan kapal-kapal juga telah melayani sejumlah pelabuhan perintis seperti Wulandoni di Lembata, Terong dan Waiwadan di Pulau Adonara Flores Timur, Salura di Sumba Timur, Baranusa di Alor, Waewole di Manggarai Timur, dan Pelabuhan Maumbawa di Ngada.

"Jadi hampir semua wilayah kita sudah terkoneksi dengan transportasi laut untuk mendukung mobilitas orang maupun barang atau logistik," katanya.

Ia menambahkan pemerintah daerah akan terus berupaya untuk secara bertahap membenahi konektivitas antardaerah melalui transportasi laut terutama pada pulau-pulau kecil di NTT.

Baca juga: Dishub: Kapal penumpang diizinkan masuk NTT

NTT merupakan wilayah berciri kepulauan sehingga akses transportasi laut merupakan faktor penting untuk membuka keterisolasian wilayah, katanya.

Baca juga: TransNusa tak mengudara lagi di NTT sejak pandemi COVID-19
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021