RS Bhayangkara Kupang vaksin 168 warga GMIT

id Vaksin, KOta Kupang,NTT

RS Bhayangkara Kupang vaksin 168 warga GMIT

Vaksinasi COVID-19 di Kota Kupang. ANTARA/HO-Humas Polda NTT

...Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama
Kupang (ANTARA) - Tim Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly Kupang melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 168 warga di Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Maranatha Oebufu, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat  (19/11).

Ketua tim vaksinasi COVID-19 dari RSB Titus Uly Kupang dr. Mariana Latumenten mengatakan pihaknya mengerahkan 11 vaksinator untuk mempercepat vaksinasi di gereja itu.

"Tadi kami terjunkan 11 orang tenaga vaksinator karena ada 168 orang yang divaksin COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan vaksinasi untuk mendukung program pemerintah serta implementasi program prioritas Kapolri dalam rangka mempercepat penanganan COVID-19.

Selain itu,  katanya, mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 di NTT dan mewujudkan kekebalan komunal warga di Kota Kupang dari penularan COVID-19.

'Mereka yang menerima vaksin itu ada yang vaksin dosis pertama serta ada pula yang terima vaksin dosis kedua," ujar dia.

Ia menjelaskan sebelum divaksin, peserta menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu, tekanan darah, dan pengecekan 13 kriteria penyakit yang membuat warga tak bisa mengikuti vaksinasi.

"Adapun rincian dari pelaksanaan kegiatan vaksin ini yakni sebanyak 15 orang yang mengikuti vaksin tahap I dan tahap II jenis Sinovac serta 153 orang yang mengikuti vaksin Astra Zeneca tahap I dan tahap II," ujar dia.

Vaksinasi itu, tambah dia, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga untuk semua golongan mulai dari pelajar hingga lansia.

Ia juga menyampaikan pesan kepada masyarakat NTT agar selalu menaati protokol kesehatan.

"Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan-kerumunan serta mobilitas yang tidak perlu," katanya.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Kupang, capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu 83 persen dari total sasaran, sedangkan pada awal Desember mendatang ditargetkan mencapai 90 persen.

Baca juga: Polres Mabar beri 616 dosis vaksin COVID-19 bagi pelajar

Baca juga: Lantamal VII Kupang kerahkan KRI untuk sediakan layanan vaksinasi