Polres Kupang Kota gencarkan vaksinasi bagi anak-anak

id Vaksinasi, NTT, Kota Kupang

Polres Kupang Kota gencarkan vaksinasi bagi anak-anak

Vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak di Kota Kupang yang digelar Polres Kupang Kota. ANTARA/Kornelis Kaha

Untuk vaksinasi sebelumnya dilakukan pada Kamis (16/12) kemarin dengan jumlah yang divaksin mencapai 286 orang, dan hari ini ada 200 orang,"
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 200 warga di Kota Kupang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di Kota Kupang menerima suntikan vaksinasi COVID-19.

Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana di Kupang, Jumat (18/12) mengatakan  vaksinasi dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi serta meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat daerah setempat.

Kapolres juga turut meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi anak dan remaja di halaman Masjid Al Hidayah, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Jumat mengatakan bahwa ini kali kedua Polres Kupang kota terjun langsung membantu percepatan vaksinasi bagi anak-anak dan remaja di kota itu.

"Untuk vaksinasi sebelumnya dilakukan pada Kamis (16/12) kemarin dengan jumlah yang divaksin mencapai 286 orang, dan hari ini ada 200 orang," katanya.

Orang nomor satu di Polres Kupang Kota itu mengatakan bahwa sejak dibuka pada pukul 08.00 wita, banyak anak-anak yang diantar orang tua masing-masing sangat antusias, mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin jenis sinovac.

Baca juga: Polres Kupang Kota mulai gelar vaksinasi bagi anak 6-11 tahun

Kapolres menambahkan bahwa vaksinasi bagi anak usia diatas 6 tahun oleh klinik Polres Kupang Kota mendapat apresiasi yang tinggi terbukti dengan tingginya animo anak-anak mengikuti kegiatan vaksinasi.

"Ketika hari pertama pelaksanaan vaksinasi bagi anak, kami baru mendapatkan informasi pada malam hari dan kami sebarkan dan persiapkan. Ternyata ada 88 orang anak dilayani vasin sinovac dosis I. Karena itu kami lakukan lagi pada hari ini," tambah dia.

Baca juga: OJK NTT gelar vaksinasi bagi warga di Pulau Timor

Kapolres menargetkan hingga akhir tahun 2021 ini, 100 persen warga Kota Kupang bisa terlayani vaksin.

Hingga saat ini pencapaian peserta vaksin dosis I di Kota Kupang sudah mencapai 86,41 persen, sedangkan vaksinasi tahap II sudah mencapai 65 persen.

Iapun menjelaskan bahwa sesuai instruksi terbaru bahwa untuk wilayah kota atau kabupaten yang telah mencapai vaksinasi tahap satu diatas 70 persen dan lansia diatas 60 persen, diperbolehkan melaksanakan vaksinasi bagi anak diatas enam tahun.

"Kota Kupang sudah capai diatas 70 persen vaksinasi tahap pertama dan diatas 60 persen bagi lansia serta 65 persen vaksin dosis II. Target kami hari ini semakin banyak peserta karena stok vaksin juga sudah kita koordinasikan dengan dinas kesehatan cukup," ujarnya.

Menurut nya, vaksinasi bagi anak-anak akan terus digelar di berbagai tempat di Kota Kupang, sehingga herd immunity segera terbentuk.

Hingga minggu ketiga bulan Desember 2021, jumlah masyarakat Kota Kupang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 287.988 orang, atau 86.32 persen.

Sedangkan vaksinasi dosis tahap dua sebanyak 215.816 orang, atau 64.69 persen dari target vaksin 333.628 orang.