Kakanwil Kumham NTT lantik 160 PNS

id Pelantikan, NTT, Kota Kupang,kemenkumham

Kakanwil Kumham NTT lantik 160 PNS

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone melantik 160 pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Kanwil Kemenkumham NTT di Aula Lapas II Kupang, Selasa. ANTARA/Ho-Humas Kemenkumham NTT

...Menjadi seorang ASN merupakan sebuah amanah, yang mana tugas kita bagaimana menjalankan amanah tersebut mempunyai nilai tambah dan bermanfaat bagi bangsa dan negara
Kupang (ANTARA) - Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone melantik 160 pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Kanwil Kemenkumham NTT di Aula Lapas II Kupang, Selasa.

"Menjadi seorang ASN merupakan sebuah amanah, yang mana tugas kita bagaimana menjalankan amanah tersebut mempunyai nilai tambah dan bermanfaat bagi bangsa dan negara,” katanya dalam amanatnya di Kupang, Selasa, (11/1).

Marciana berpesan kepada seluruh Pejabat dan PNS yang dilantik agar berkomitmen terhadap sumpah jabatannya, terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di Kementerian Hukum dan HAM, secara khusus di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT.

Selain itu, melaksanakan tugas dan fungsinya serta menyesuaikan diri pada bagian masing-masing untuk bekerja dengan segala kesungguhan hati.

“Kita perlu orang-orang yang mempunyai kompetensi, berintegritas, profesional, berkinerja tinggi, dan mempunyai moralitas yang bagus serta mampu mengabdi,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Marciana, ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT harus melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. 

Sekalipun ada promosi, rotasi, dan mutasi khususnya bagi pejabat, sejatinya adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai. 

Mutasi/promosi jabatan tidak semata-mata didasarkan pada kewenangan, tetapi juga memperhatikan norma-norma kepegawaian yang berlaku, kinerja, kompetensi, integritas, dan berbagai aspek manajemen SDM lainnya, serta dilakukan dengan cermat dan matang.

“Bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat untuk membangun dan meningkatkan prestasi terbaik, senantiasa mengedepankan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan, menjunjung tinggi etika sebagai ASN dan penuh tanggung jawab dalam memberikan kontribusi positif untuk meraih kinerja terbaik,” paparnya.

Marciana berharap ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT memiliki integritas, profesional, dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik, serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu agar dapat segera memberikan kontribusi inovasi dari segi teknologi maupun segi lain terutama untuk mencapai percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Wagub harapkan Kanwil kumham NTT pegang teguh janji kinerja

“Lakukan terobosan-terobosan untuk mengatasi tantangan dalam upaya meningkatkan moralitas dan etika pegawai, meningkatkan pengawasan baik dalam hal pelaksanaan pelayanan publik, administrasi keuangan, maupun disiplin pegawai,” pungkasnya. 

Baca juga: Ombudsman : Pelayanan Kemenkumham NTT terus membaik

Selain melantik 160 PNS, Marciana juga mengambil sumpah dan melantik pejabat administrasi, dan pejabat fungsional rinciannya, 14 orang pejabat administrasi (12 orang Pejabat pada UPT Pemasyarakatan dan 2 orang Pejabat pada UPT Imigrasi), 1 orang Pejabat Fungsional Analis Hukum Ahli Madya. Untuk PNS yang berada di luar Kota Kupang mengikuti pelantikan secara virtual dari UPT masing-masing.