BMKG ingatkan waspadai hujan kategori tinggi di Kupang dan Alor

id Cuaca ekstrem NTT,curah hujan tinggi,mitigasi bencana NTT,Kupang,Alor

BMKG ingatkan waspadai hujan kategori tinggi di Kupang dan Alor

Ilustasi - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Kedua wilayah kabupaten ini diprediksi berada pada kategori curah hujan tinggi (151-200 milimeter) di Dasarian II Januari 2022 sehingga perlu diwaspadai
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi curah hujan kategori tinggi di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Alor selama beberapa hari ke depan.

"Kedua wilayah kabupaten ini diprediksi berada pada kategori curah hujan tinggi (151-200 milimeter) di Dasarian II Januari 2022 sehingga perlu diwaspadai," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa, (11/1).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan deterministik curah hujan pada Dasarian II Januari 2020 di wilayah NTT.

Agung menjelaskan pada Dasarian II ini, pada umumnya wilayah NTT diperkirakan mengalami curah hujan menengah (51-100 mili meter).

Sejumlah wilayah kabupaten mengalami curah hujan rendah (0-55 mili meter) seperti di sebagian kecil Ngada, Sikka, Sumba Timur dan sebagian besar wilayah Nagekeo, Ende, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Malaka.

Namun beberapa wilayah akan mengalami curah hujan tinggi yaitu sebagian kecil Kabupaten Kupang dan Alor.

Agung mengimbau agar warga terutama di wilayah yang berpotensi dilanda curah hujan tinggi agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hodrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Ia menganjurkan warga agar tidak beraktivitas di luar rumah saat sedang terjadi hujan jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Selain itu mengamankan barang-barang atau dokumen penting agar aman dari ancaman bencana serta melakukan berbagai langka mitigasi bencana.

Agung mempersilahkan masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG melalui sejumlah kanal yang disediakan seperti telepon (0380)881613 atau whatsapp 081139404264, website meteoeltari.com, email met_kupang@yahoo.com maupun lewat aplikasi mobile apps INFO BMKG.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat di sejumlah wilayah

Baca juga: BMKG imbau warga NTT waspadai hujan-petir