GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan

id gofood,robot,gojek,goto

GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan

Pertama di Indonesia, GoFood pakai robot di layanan pesan antar makanan (ANTARA/HO)

...Pengadopsian teknologi robot ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta hingga pertengahan Maret 2022 nanti
Jakarta (ANTARA) - GoFood menjadi pelopor teknologi otomasi di layanan pesan-antar makanan Indonesia dengan memperkenalkan penggunaan robot di dalam ekosistemnya.

Robot itu dioperasikan untuk semakin mempermudah proses layanan pada fitur "Order Sekaligus", sebagai salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi, melalui satu pengiriman.

Pengadopsian teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba guna memastikan efisiensi operasional dan kenyamanan bagi mitra driver.

"GoFood membawa layanan pesan-antar makanan di Indonesia menuju ke level berikutnya melalui penggunaan teknologi otomasi, yaitu robot. Inovasi selalu menjadi denyut nadi kami di Gojek," kata Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo, Rabu, (19/1).

"Secara konsisten, kami terus mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi. Pemanfaatan teknologi robot ini akan berperan penting dalam menganalisa bagaimana sistem otomasi dapat membuat operasional GoFood lebih efisien dan seamless, termasuk mempermudah mitra driver karena dapat mengambil pesanan secara terpusat ketika menerima pesanan pelanggan yang memilih fitur Order Sekaligus," kata Catherine.

Saat ini, robot GoFood dioperasikan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading, Jakarta, untuk bertugas mengkonsolidasi pesanan pelanggan yang memilih fitur GoFood Order Sekaligus. Robot akan mengambil pesanan dari beberapa resto/mitra UMKM sesuai pesanan pelanggan, untuk selanjutnya menyerahkan pesanan ke konter kasir sebagai titik pengumpulan untuk kemudian diambil oleh mitra driver untuk pengantaran.

Fitur Order Sekaligus sudah bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di tujuh kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus meningkat delapan kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020.
Pertama di Indonesia, GoFood pakai robot di layanan pesan antar makanan (ANTARA/HO)


Pengadopsian teknologi robot ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta hingga pertengahan Maret 2022 nanti.

Calvin Lukmantara, Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia, menyampaikan antusiasmenya dalam mendukung GoFood, “Sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu kami sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan."

"Adapun robot yang digunakan GoFood adalah tipe Bellabot yang merupakan salah satu produk unggulan kami dengan sejumlah kelebihan, mulai dari sensor 3D dan kerangka modular sehingga aman apabila terhalang objek, pengoperasian robot dengan multi cara seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan, serta navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi. Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot (tipe robot GoFood), di salah satu fiturnya," kata dia.

Inovasi teknologi otomasi berupa robot ini kian menggaris bawahi kepemimpinan GoFood di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia.
“Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta mitra driver. Robot ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh mitra yang melayani pesanan pelanggan,” tutup Catherine.

Baca juga: Game "Fruit Ninja" dan "Jetpack Joyride" hadir di aplikasi Gojek-GoGames

Baca juga: GoPay kenalkan fitur auto invest di GoInvestasi