Pelindo Labuan Bajo peringati Bulan K3 dengan donor darah

id Pelindo, donor darah, labuan bajo, manggarai barat, NTT

Pelindo Labuan Bajo peringati Bulan K3 dengan donor darah

General Manager Pelindo Labuan Bajo Dimaz Yuliono mendonorkan darah dalam kegiatan donor darah untuk memperingati Bulan K3 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (10/2/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Kesehatan dan keselamatan kerja itu sangat penting. Pelindo ingin memberikan dukungan bagi kesehatan karyawan dengan kegiatan ini
Labuan Bajo (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan menggelar donor darah di daerah itu.

"Kesehatan dan keselamatan kerja itu sangat penting. Pelindo ingin memberikan dukungan bagi kesehatan karyawan dengan kegiatan ini," kata General Manager Pelindo Labuan Bajo Dimaz Yuliono di Labuan Bajo, Kamis, (10/2).

Dia mengatakan donor darah bukan sebatas kegiatan sosial untuk membantu sesama yang membutuhkan darah.

Namun, katanya, pendonor juga meningkatkan kesehatan sebagaimana manfaat donor untuk memperlancar aliran darah.

Dimaz mengatakan keinginan agar kegiatan donor darah tersebut dapat membentuk basis data pendonor.

Dengan demikian, katanya, apabila PMI membutuhkan data dengan cepat, mereka bisa menghubungi para pendonor yang telah bersedia melakukan donor darah dalam kondisi tersebut.

Dia berharap, darah yang terkumpul dalam kegiatan tersebut bisa membantu PMI dalam pemenuhan kebutuhan darah di Manggarai Barat.

Dalam peringatan Bulan K3 setiap 12 Januari hingga 12 Februari, kegiatan donor darah itu digelar berkat kolaborasi Pelindo Labuan Bajo bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja,

Transmigrasi, Koperasi, dan UMKM Manggarai Barat, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PMI Manggarai Barat, dan Rumah Sakit Siloam. Kegiatan berlangsung di Balai Pelatihan Kerja Komodo.

Di sela kegiatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat Theresia Asmon menyebut pertama kalinya Bulan K3 diperingati di Manggarai Barat, sehingga pemerintah berupaya untuk mempromosikan kesadaran pemberi kerja tentang K3.

Terkait dengan tema peringatan Bulan K3, yakni "Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha untuk Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi", dia menerangkan pentingnya kesadaran K3 di lingkungan perusahaan.

Oleh karena itu, kegiatan donor darah lebih ditargetkan pada perusahaan yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya menargetkan 50 kantong darah sesuai dengan kapasitas tampung PMI Manggarai Barat. Dari 55 peserta yang mendaftar, terkumpul 30 kantong darah.

Dia menegaskan kesehatan merupakan hak pekerja. Perusahaan wajib menerapkan pelayanan kesehatan guna memberikan perlindungan bagi tenaga kerja.

"Tenaga kerja berhak atas pelayanan kesehatan dan keselamatan kerja," katanya.

Baca juga: PLN UP3 Flores Bagian Barat gelar donor darah

Baca juga: Lapas Atambua gelar donor darah dan bagikan sembako pada warga