Peserta SMN belajar tentang pentingnya solidaritas

id BHUN

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Provinsi Sulawesi Utara tampil menyampaikan pesan dan kesan selama menjalani kegiatan selama dua hari bersama prajurit TNI di lingkungan Korem 161/Wirasakti di Kupang, Jumat (10/8). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

"Ada banyak pelajaran berharga yang saya dapat dari kehidupan prajurit TNI, salah satu paling penting yaitu membangun solidaritas bersama teman-teman di sekitar," kata Kelvin.
Kupang (AntaraNews NTT) - Sejumlah peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Provinsi Sulawesi Utara mengaku sudah banyak belajar tentang pentingnya membangun solidaritas atau kebersamaan selama menjalani kegiatan bersama prajurit TNI di lingkungan Korem 161/Wirasakti Kupang.

"Ada banyak pelajaran berharga yang saya dapat dari kehidupan prajurit TNI, salah satu paling penting yaitu membangun solidaritas bersama teman-teman di sekitar," kata Kelvin, salah satu peserta SMN dari SMKN I Manado, Sulawesi Utara di Kupang, Jumat (10/8).

Ia menjelaskan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama para prajurit TNI selama dua hari berturut-turut dari 9 hingga 10 Agustus 2018 selalu memberikan makna khusus yang menekankan pada pentingnya membangun kebersamaan.

"Mulai dari hal sederhana seperti makan bersama juga harus saling menunggu meskipun makanannya sudah sedia. Ada teman yang shalat dulu harus ditunggu," katanya mencontohkan tentang makna solidaritas tersebut.

Ia mengatakan, selain itu kegiatan di lapangan seperti outbon dan permainan juga selalu menekankan pada prinsip kebersamaan dalam kelompok dan selalu bersatu. "Kesan ini sangat melekat. Tentu nilai-nilai ini yang penting bagi kami generasi muda penerus bangsa," ujarnya.

Kelvin menambahkan, pelajaran penting lain yang didapat seperti belajar tentang kedisiplinan terutama mengatur waktu dalam berbagai aktivitas.

Baca juga: TNI gembleng peserta SMN dari Manado
Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Provinsi Sulawesi Utara tampil menyampaikan pesan dan kesan selama menjalani kegiatan selama dua hari bersama prajurit TNI di lingkungan Korem 161/Wirasakti di Kupang, Jumat (10/8). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)
Seorang peserta SMN lain, Kesia Tantri mengaku terpesona dengan semangat persatuan yang dibangun prajurit TNI selama menjalani kegiatan di lingkungan Korem 161/Wirasakti Kupang.

"Apa yang dirasakan satu orang juga dirasakan lainnya, semua tantangan yang diberikan dalam kegiatan juga diarahkan untuk diselesaikan bersama-sama," kata pelajar SMAN I Kota Bitung itu. "Dan, poin lainnya adalah bagaimana membangun pribadi yang tegas dan berprinsip," katanya.

"Ini memberikan motivasi tersendiri bagi saya dan menjadi pesan penting untuk saya tularkan pada teman-teman lainnya di lingkungan saya setelah pulang dari sini," katanya.

Para peserta SMN dari Sulawesi Utara yang berjumlah 23 orang siswa itu bersama lima pendamping telah selesai menjalani kegiatan dua hari bersama TNI di lingkungan Korem 161/Wirasakti Kupang dari 9 hingga 10 Agustus 2018.

Selanjutnya, para peserta dijadwalkan akan berkunjung Pulau Rote untuk menjelajahi wilayah terselatan NKRI pada Sabtu (11/8) yang difasilitasi pihak PT Pegadaian (Persero) Area Kupang.

Baca juga: Peserta SMN dari NTT diberangkatkan ke Manado
Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon melepas pergi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur menuju Manado, Sulawesi Utara pada Senin (6/8). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar