Warga binaan lapas Atambua terima penyuluhan kesehatan

id NTT,pemeriksaan HIV

Warga binaan lapas Atambua terima penyuluhan kesehatan

Sejumlah WBP di Lapas Atambua jalani pemeriksaan kesehatan. ANTARA/Ho-Lapas Atambua

Kita terus memastikan pengoptimalan pelayanan kesehatan dalam situasi pandemi COVID-19 dan kekhawatiran akan penurunan daya tahan tubuh...
Kupang (ANTARA) - Puluhan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Atambua menjalani pemeriksaan HIV serta mendapatkan penyuluhan kesehatan dari tenaga Medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dan Puskesmas Atambua Selatan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Atambua Edwar Hadi kepada ANTARA di Kupang, Sabtu, (28/5/2022) mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP)

"Kita terus memastikan pengoptimalan pelayanan kesehatan dalam situasi pandemi COVID-19 dan kekhawatiran akan penurunan daya tahan tubuh berdampak pada kesehatan warga binaan," kata dia melalui telepon dari Atambua.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan setiap bulan, mengacu pada undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 ayat 1 yang menyatakan hak-hak Narapidana, di antaranya adalah hak mendapat perawatan, pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

Edwar menambahkan bahwa kondisi kesehatan para warga binaan Lapas Atambua saat ini sedang dilanda virus flu dan batuk sehingga dilaksanakan kunjungan ahli kesehatan dari dinas kesehatan kabupaten Belu dan Puskesmas Atambua Selatan yang bertempat di aula lapas Atambua.

Pelaksanaan kegiatan itu didampingi langsung oleh Dokter Lapas Atambua Ester Dan pengolah data Kesehatan Lapas Yacoba Lobang dan diawasi langsung oleh kepala Lapas

Pemeriksa kesehatan dimulai dengan pengukuran berat badan, tekanan darah, denyut nadi, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo gelar operasi gabungan awasi orang asing di Manggarai

Selanjutnya sesuai dengan analogis kedokteran memberikan resep kepada warga binaan yang mengalami masalah kesehatan sesuai dengan SOP pelayanan kesehatan warga binaan di Lapas.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo bentuk tim pengawasan orang asing