BMKG: Gelombang sangat tinggi berpeluang landa laut NTT

id gelombang tinggi,cuaca laut,gelombang tinggi NTT,cuaca laut NTT,prakiraan cuaca perairan NTT,perairan NTT,BMKG,NTT

BMKG: Gelombang sangat tinggi berpeluang  landa laut NTT

Ilustrasi - Gelombang tinggi menghampiri pesisir Pantai Bagedur di Lebak, Banten, Jumat (30/10/2020). ((ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/agr/pras)

Potensi gelombang sangat tinggi ini berisiko tinggi terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo, kapal pesiar sehingga perlu diwaspadai pihak operator kapal...
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpeluang melanda dua wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari ke depan.

"Gelombang laut dengan kategori sangat tinggi (4-6 meter) berpeluang terjadi di Selat Sumba bagian barat dan Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Selasa, (2/8/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur yang berlaku selama 3-5 Agustus 2022.

Syaeful mengatakan potensi gelombang sangat tinggi ini berisiko tinggi terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo, kapal pesiar sehingga perlu diwaspadai pihak operator kapal.

Selain itu, terdapat sejumlah titik perairan lain di NTT yang juga berpotensi dilanda gelombang berkategori tinggi (2,5-4 meter) yaitu Laut Sawu bagian utara, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Kupang-Rote, dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

Potensi gelombang ini, kata dia juga perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri.

Syaeful mengimbau agar pihak operator kapal maupun para nelayan yang hendak melintasi sejumlah wilayah perairan tersebut agar lebih berwaspada.

Mengenai kondisi angin, ia mengatakan pada umumnya arah angin bertiup dari arah Timur ke Tenggara dan Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 2-5 skala beaufort.

Syaeful menyarankan agar operator kapal dan para nelayan terus memantau perkembangan terbaru kondisi cuaca di wilayah perairan laut untuk menghindari potensi gelombang tinggi dan angin kencang dalam pelayaran.

"Informasi cuaca yang disampaikan BMKG dapat menjadi referensi utama untuk menyiapkan aktivitas pelayaran yang aman dan lancar," katanya.

Baca juga: BMKG sebut 96 persen wilayah NTT telah memasuki musim kemarau 2022

Baca juga: BMKG : Waspadai angin kencang di perairan Taman Nasional Komodo


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gelombang sangat tinggi berpeluang landa dua wilayah laut NTT
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022