Pemkab Kupang bentuk 37 kampung keluarga berkualitas

id NTT,kampung KB,keluarga berencana,pembetukan kampung KB,kabupaten kupang

Pemkab Kupang bentuk 37 kampung keluarga berkualitas

Para peserta sedang mengikuti kegiatan worshop pengelolaan kampung keluarga berkualitas di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis. (ANTARA/HO-Prokompim setda Kabupaten Kupang)

...Sampai saat ini Kabupaten Kupang telah memiliki 37 Kampung KB yang tersebar di 24 kecamatan. Keberadaan kampung KB sangat positif dalam mendukung program keluarga berencana
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membentuk 37 kampung keluarga berkualitas guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan demi terwujudnya keluarga kecil yang sehat dan sejahtera.

"Sampai saat ini Kabupaten Kupang telah memiliki 37 Kampung KB yang tersebar di 24 kecamatan. Keberadaan kampung KB sangat positif dalam mendukung program keluarga berencana," kata Asisten III Setda Kabupaten Kupang Novita Foenay dalam workshop pengelolaan kampung keluarga berkualitas di Kupang, Kamis, (6/10/2022).

Ia mengatakan 37 kampung KB yang telah terbentuk di Kabupaten Kupang itu dengan klasifikasi 26 Kampung KB dasar dan 11 kampung berkembang.

Dia mengatakan pemerintah Kabupaten Kupang bersama tim dari BKKBN Provinsi NTT akan melakukan pencanangan Kampung KB di Desa Fatusuki, Kecamatan Amfoang Selatan dan Desa Sahraen, Kecamatan Amarasi Selatan.

Menurut dia, semua Kampung KB yang telah dibentuk di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu mengakomodasi suatu sistem yang terintegrasi dan terkonvergensi dengan penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat.

"Pembentukan kampung keluarga berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," kata Novita Foenay.

Baca juga: Desa Sunraen jadi contoh Program KB di Kabupaten Kupang

Novita Fonay menambahkan kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga nonpemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Baca juga: Ribuan warga Kabupaten Kupang ikut layanan KB gratis

"Melalui Kampung KB, kami terus berusaha untuk mentransformasi daerah kumuh dan terbelakang menjadi kampung sukses yang terbebas dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan terbebas dari kekerdilan," kata Novita Foenay.