BPOLBF - Jasaraharja Putera kolaborasi sistem pariwisata digital

id bpolbf,boplbf,pt asuransi jasaraharja putera,pariwisata digital,floratama,labuan bajo,manggarai barat,ntt

BPOLBF -  Jasaraharja Putera kolaborasi sistem pariwisata digital

Penandatangan perjanjian kerja sama tentang Pengembangan Sistem Kolaborasi Pemasaran Produk Asuransi Bagi Wisatawan dan Layanan Destinasi Wisata Berbasis Digital antara BPOLBF dan PT Asuransi Jasaraharja Putera di Jakarta, Senin (10/10/2022). (ANTARA/HO-BPOLBF)

BPOLBF dan PT Asuransi Jasaraharja Putera melakukan kerja sama untuk mengembangkan sistem ticketing management berbasis digital yang sudah mencakup asuransi keselamatan bagi wisatawan...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan PT Asuransi Jasaraharja Putera berkolaborasi untuk mengembangkan sistem pemasaran produk asuransi bagi wisatawan dan layanan destinasi wisata berbasis digital dalam kawasan Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama).

"BPOLBF dan PT Asuransi Jasaraharja Putera melakukan kerja sama untuk mengembangkan sistem ticketing management berbasis digital yang sudah mencakup asuransi keselamatan bagi wisatawan," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, (16/10/2022).

Dia menjelaskan BPOLBF menginisiasi sistem single ticketing yang telah mencakup premi asuransi keselamatan dan keamanan bagi wisatawan, diversifikasi produk aktivitas wisata, fasilitasi desa wisata dan kelompok sadar wisata dengan akses yang lebih luas, serta meningkatkan lama tinggal dan belanja wisatawan.

Untuk mewujudkan itu, BPOLBF sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperekraf) harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak guna memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengunjung.

"Satu platform digital ini dapat beri akses informasi dan produk destinasi dalam kawasan Floratama," ungkapnya.

Kolaborasi kedua belah pihak itu telah ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pengembangan Sistem Kolaborasi Pemasaran Produk Asuransi Bagi Wisatawan dan Layanan Destinasi Wisata Berbasis Digital di Kantor Pusat Jasa Raharja di Jakarta, Senin. Perjanjian itu pun berlaku selama lima tahun dan dievaluasi setiap tahun.

Sementara itu Direktur Utama PT Asuransi Jasaraharja Putera Bambang Isworo mengatakan kolaborasi itu merupakan bentuk dukungan bagi pengembangan sektor pariwisata di destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo.

Kesepakatan ini pun merupakan perluasan dari kesepakatan serupa pada Februari lalu yang mana cakupan asuransi tidak hanya tiga kabupaten saja yakni Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur, melainkan juga kawasan Floratama.

Baca juga: BPOLBF perkuat kapasitas SDM industri pariwisata Labuan Bajo

Bambang pun berharap pengembangan sistem platform digital itu dapat memberi jaminan keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung, sebagaimana mencakup asuransi selama tujuh hari. Selain itu wisatawan dapat mengakses berbagai informasi destinasi wisata dalam satu platform tersebut.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Ngada naik pada Agustus 2022

Adapun dalam kesepakatan tersebut PT Asuransi Jasaraharja Putera akan memfasilitasi penyediaan sistem manajemen tiket secara elektronik kepada BPOLBF.