NasDem imbau kadernya bantu sosialisasi perekaman e-KTP

id Bawaslu

NasDem imbau kadernya bantu sosialisasi perekaman e-KTP

Ketua DPW NasDem Nusa Tenggara Timur yang juga Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Fernandes.

Seluruh kader partai NasDem diimbau untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mensosialisasikan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi warga yang belum melakukan perekaman.
Kupang (AntaraNews NTT) - Ketua DPW Partai NasDem Nusa Tenggara Timur Raymundus Fernandes mengimbau seluruh kader partainya untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mensosialisasikan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi warga yang belum melakukan perekaman.

"Kami mendukung apa yang diminta oleh KPU. Oleh karena itu, kami sudah menyampaikan ini kepada seluruh kader partai serta kepada para caleg untuk turut mensosialisasikan pentingnya perekaman e-KTP tersebut," kata Fernandez kepada Antara saat dihubungi dari Kupang, Senin (12/11).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan ajakan KPU NTT kepada partai politik untuk melakukan sosialisasi kepada warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP.

Menurut catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT sampai akhir Oktober 2018 masih tercatat sekitar 651.000 warga NTT belum merekam KTP elektronik, yang dikhawatirkan memengaruhi hak pilih mereka pada pemilu 2019.

Warga yang belum merekam data KTP elektronik terbanyak di Kabupaten Kupang, yakni 109.000 orang, Timor Tengah Selatan 83.000 orang, Sumba Barat Daya 82.000 orang, Malaka 45.000 orang, Flores Timur 45.000 orang, sedangkan kabupaten lainnya berkisar 30.000 orang.

Menurut Fernandes yang juga Bupati Timor Tengah Utara (TTU) itu, perekaman data e-KTP bagi warga sangat penting mengingat saat ini e-KTP mempunyai peran yang sangat penting bagi setiap caleg yang ingin maju dalam Pileg 2019.

Baca juga: KPU NTT ajak masyarakat aktif rekam e-KTP

"Masalahnya jika dari sekian banyak warga itu adalah pendukung kita, dan mereka tidak memiliki e-KTP dan tidak terdaftar di DPT maka otomatis suara itu akan hilang dan kita sendiri yang rugi," ujarnya.

Ia mengimbau agar para caleg NasDem tidak hanya mensosialisasikan, tetapi juga mendampingi masyarakat untuk menerbitkan e-KTP sehingga prosesnya berjalan dengan lancar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD Partai Gerindra NTT Esthon Foenay bahwa dalam pertemuan Pembekalan Caleg Pemilu 2019, hal tersebut juga sudah ia sampaikan kepada para caleg dan kadernya.

"E-KTP ini sangat penting. Selain berguna bagi para caleg kita, tetapi juga ini mencegah membludaknya pemilih Golput dalam Pileg dan Pilpres 2019. Oleh karena itu kami sudah imbau kepada setiap Caleg untuk aktif mensosialisasikan hal ini," ujar dia.

Mantan Wakil Gubernur NTT itu juga mengimbau agar setiap calegnya membantu dengan cara mendampingi langsung proses pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di masing-masing kabupaten/kota se-NTT.

Disamping itu ia juga meminta agar pemerintah daerah juga memperbaiki sistem pencetakan e-KTP di setiap disdukcapil di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Banyak warga NTT wajib KTP belum lakukan perekaman