Belum Ada Penambahan Kapal Pelni

id Pelni

Belum Ada Penambahan Kapal Pelni

Sejumlah penumpang kapal, turun dari salah satu kapal yang dikelolah oleh Pelni saat bersandar di Pelabuhan Tenau Kupang. (Antara NTT/Kornelis Kaha)

"Belum ada keputusan penambahan kapal untuk moda transportasi dalam rangka menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017," kata Adrian

Kupang, (Antara NTT) - General Manajer PT Pelni Cabang Kupang Adrian mengatakan, sejauh ini belum ada rencana penambahan kapal ke Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengantisipasi liburan Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017,

"Belum ada keputusan penambahan kapal untuk moda transportasi dalam rangka menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2017," kata Adrian kepada Antara di Kupang, Rabu (23/11).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan kesiapan pihak perusahaan pelayaran dalam membantu masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kapal laut untuk berlibur ke kampung halaman mereka, baik di wilayah NTT maupun di luar NTT.

Menurutnya penambahan kapal tersebut biasanya terjadi sekitar minggu pertama atau minggu kedua bulan Desember, seperti pada tahun ini.

"Kalau untuk sementara belum ada penambahan kapal. Saat ini jalur pelayaran dan jumlah kapal yang digunakan juga masih normal-normal saja," tambahnya.

Selama ini ada sekitar enam kapal yang melayani jalur pelayaran NTT dengan beberapa provinsi lainnya di Indonesia.

Enam kapal tersebut adalah KM Nggapulu dengan kapasitas 3000, KM Awu 1000 penumpang, KM Umsini 2000 penumpang, KM Sirimau 1000 penumpang, KM WIlis 500 penumpang serta KM Bukit Siguntang 200 Penumpang.

Sementara itu General Manajer PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Kupang, Denny Wuwungan mengatakan, untuk kesiapan pelabuhan sendiri menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru 2017 tidak ada masalah.

"Kalau soal Pelabuhan kita justru tidak ada kendala sama sekali, seperti biasanya, sebab semua pelabuhan besar di NTT sudah layak untuk disinggahi kapal-kapal besar," demikian Denny Wuwungan.