PLN NTT: Pengelolaan panas bumi Ulumbu meraih penghargaan Subroto 2022

id pltp ulumbu,pengelolaan panas bumi ulumbu,penghargaan untuk pltp ulumbu,penghargaan subroto 2022,pln ntt,geothermal ulum

PLN NTT: Pengelolaan panas bumi Ulumbu meraih penghargaan Subroto 2022

Kegiatan malam penganugerahan Penghargaan Kinerja Penerapan K3 & Keteknikan Panas Bumi Serta Kinerja Pengendalian Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Panas Bumi Tahun 2022 di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/11/2022). (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

...Penghargaan Subroto  2022 untuk PLN UIW NTT Area Geothermal Ulumbu ini membuktikan bahwa pengelolaan geothermal Ulumbu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) panas bumi secara baik, kata Kepala Teknik Panas Bumi Area Geothermal Ulumbu PLN
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menyatakan pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (geothermal) Ulumbu di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, meraih penghargaan Subroto 2022 dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Penghargaan Subroto  2022 untuk PLN UIW NTT Area Geothermal Ulumbu ini membuktikan bahwa pengelolaan geothermal Ulumbu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) panas bumi secara baik," kata Kepala Teknik Panas Bumi Area Geothermal Ulumbu PLN UIW NTT Haryadi dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu, (14/12/2022).

Ia menjelaskan penghargaan diberikan berdasarkan penilaian yang difokuskan pada implementasi peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Keteknikan Panas Bumi pada kegiatan operasional PLTP Ulumbu unit 1-4 dan proyek PLTP Ulumbu unit 5-6.

Haryadi mengatakan penghargaan yang diserahkan pada 9 Desember 2022 ini sekaligus menjadi indikator komitmen manajemen dan karyawan grup PLN beserta mitra kerja untuk selalu mengedepankan aspek K3 serta perlindungan lingkungan dalam setiap kegiatan di wilayah kerja panas bumi Ulumbu.

Sejak 2018, kata dia PLN UIW NTT Area Geothermal Ulumbu selalu berpartisipasi dalam penilaian dan mendapatkan predikat baik dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM.

Ia menjelaskan, saat ini kegiatan operasional PLTP Ulumbu unit 1-4 dan kegiatan praproyek PLTP Ulumbu Unit 5-6 sedang berjalan di Poco Leok, Kabupaten Manggarai.

Dalam pelaksanaannya, kata dia tetap mengedepankan aspek K3 dan kaidah keteknikan panas bumi sesuai peraturan yang berlaku untuk terciptanya kondisi operasional yang aman.

"Kami pun selalu mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir terhadap isu-isu negatif yang berkembang di media sosial, tidak semua relevan terhadap kegiatan panas bumi dengan kondisi di lapangan," katanya.

Baca juga: PLN NTT alirkan listrik dukung usaha pertanian di Sikka

Manajer Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Mataloko Agung Subangun mengatakan penghargaan tersebut akan memberi motivasi bagi insan grup PLN di wilayah kerja panas bumi Ulumbu dalam melayan kebutuhan energi listrik bagi masyarakat di Pulau Flores.

Baca juga: Menanam asa kemakmuran warga Pulau Timor di hutan energi

"Ke depan, aspek K3 dan perlindungan lingkungan serta kaidah keteknikan panas bumi akan terus menjadi pedoman tujuan utama zero accident dan zero fatality," katanya.