Mendagri: Lawan politik uang

id Mendagri

Mendagri: Lawan politik uang

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Menteri Dalam Negari Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk berani melawan praktik politik uang menjelang Pemilihan Umum 2019.
Kupang (ANTARA News NTT) - Menteri Dalam Negari Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk berani melawan praktik politik uang menjelang Pemilihan Umum 2019.

"Mari kita lawan sekecil apapun politik uang dalam konteks konsolidasi demokrasi yang sedang dilalui saat ini menyambut Pemilu 2019," katanya di Kupang, Kamis (20/12), usai menghadiri HUT ke-60 Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia menyampaikan pidato dalam sidang paripurna istimewa pemerintah provinsi bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dalam menyambut HUT tersebut.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo mengatakan bahwa praktik politik uang merupakan racun demokrasi sehingga harus dilawan dan diberantas.

Dia menjelaskan, rapat koordinasi pihak Kejaksaan dengan unsur Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Bali sebelumnya juga mencermati perkembangan dan dinamika terkait praktik uang.

"Dengan back-up dari Kepolisian dan lembaga penegak hukum lainnya, tidak akan segan-segan menindak praktik politik uang ini," katanya.

Baca juga: Mendagri: Sampai kapan pun Indonesia tidak akan punah

Mendagri menyebut racun demokrasi lainnya berupa kampanye yang berisi ujaran kebencian dan bersifat fitnah dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, opini yang seharusnya dibangun dalam kehidupan berdemokrasi, yakni tentang optimisme bukan opini-opini kekhawatiran yang berlebihan.

Ia menambahkan, Pemerintah meyakini pesta demokrasi Pemilu 2019 akan berlangsung aman dengan dukungan aparat keamanan TNI-Polri.

"(Badan Intelijen Negara (BIN) juga mendeteksi secara dini terkait dinamika politik sampai tingkat TPS, Kejaksaan dengan Gakkumdu-nya juga siap dalam penegakkan hukum," katanya.

Baca juga: Mendagri rayakan ulang tahun ke-60 Provinsi NTT