Lanudal Kupang siapkan mobil pintar untuk tingkatkan minat baca pelajar

id NTT, Lanudal Kupang,Nusa Tenggara Timur,Mobil Pintar Lanudal

Lanudal Kupang siapkan mobil pintar untuk tingkatkan minat baca pelajar

Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Dian Supiandi memberikan kata sambutan dalam acara syukuran ulang tahun ke 26 Lanudal di Kupang, Kamis (9/2). ANTARA/Kornelis Kaha

...Pekan depan sudah bisa kita luncurkan agar segera beroperasi, katanya usai perayaan Hari Ulang Tahun ke 26 Lanudal di Mako Lanudal Kupang
Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Kupang menyiapkan sebuah mobil pintar untuk meningkatkan minat membaca anak-anak sekolah, khususnya di sekolah-sekolah yang kekurangan buku bacaan.

Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Dian Supiandi, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Kamis, (9/2/2023) mengatakan bahwa saat ini mobil pintar itu sedang dalam proses penyelesaian.

“Pekan depan sudah bisa kita luncurkan agar segera beroperasi,” katanya usai perayaan Hari Ulang Tahun ke 26 Lanudal di Mako Lanudal Kupang di Penfui, Kabupaten Kupang.

Dia mengatakan pihaknya sudah memesan kurang lebih 100 eksemplar buku bacaan yang menarik yang mampu menarik minat baca anak-anak sekolah.

Supiandi menambahkan mulai pekan depan sejumlah sekolah akan mereka singgahi, namun pastinya adalah sekolah-sekolah yang minim akan buku bacaan.

Nantinya personel Lanudal yang akan membawa sendiri kendaraan tersebut, sebagai bentuk sosialisasi juga kepada para pelajar soal keberadaan Lanudal Kupang itu sendiri.

Dia berharap mobil pintar yang sudah 90 persen selesai itu bisa membantu para pelajar di daerah itu sehingga minat membaca juga semakin tinggi.

Lebih lanjut kata dia selain program untuk meningkatkan minat anak membaca, Lanudal Kupang juga mempunyai program dalam peningkatan perekonomian masyarakat khususnya dalam sektor pertanian.

“Dua hal ini merupakan misi dari TNI juga selain misi perang,” ujar dia.

Sebab ujar dia, misi militer itu bukan hanya operasi militer saja, tetapi juga ada misi selain perang. Nah misi selain perang itu adalah pemberdayaan masyarakat seperti yang kita lakukan sekarang.

Baca juga: Danpuspenerbal: Butuh banyak orang untuk budidayakan cendana di NTT

Baca juga: Pangkoarmada II menjadikan Lanudal Kupang percontohan budi daya cendana