Umat Muslim NTT gelar istighatsah rayakan Isra Mi'raj

id NTT,isra mi'raj,GP ANSOR NTT,kota kupang

Umat Muslim NTT gelar istighatsah rayakan Isra Mi'raj

Umat Muslim di Kecamatan Alak, Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar istighatsah (doa bersama) dalam rangka Isra Mi'raj tahun 2023, Sabu (19/2/2023). (FOTO ANTARA/HO-GP Ansor NTT)

Dalam rangka memperingati Isra Mi'raj tahun 2023 ini umat Muslim di NTT lebih banyak menggelar kegiatan istightsah sebagai wujud syukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala​​​​​​​ (SWT)...
Kupang (ANTARA) - Umat Muslim menggelar istighatsah (doa bersama) dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) tahun 2023 di sejumlah Masjid di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (18/2) 2023.

"Dalam rangka memperingati Isra Mi'raj tahun 2023 ini umat Muslim di NTT lebih banyak menggelar kegiatan istightsah sebagai wujud syukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala (SWT). Ada juga yang mengelar kegiatan pembagian sembako," kata Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Nahdaltul Ulama (NU) NTT, Ajhar Jowe di Kupang, Sabtu.

Ia mengatakan Isra Mi'raj merupakan sebuah peristiwa penting yang terjadi dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW yang harus diteladani setiap umat Muslim untuk selalu bersyukur dengan melaksanakan shalat.

Menurut dia dalam Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW mendapat perintah secara langsung dari Allah SWT untuk melaksanakan shalat, karena dengan taat melakukan shalat merupakan orang yang taat kepada Allah SWT,

"Untuk memaknai perintah Allah SWT maka perlu dilakukan doa bersama, semoga melalui doa dan ikhtiar kita dan seluruh Bangsa Indonesia bisa menghadapi berbagai persoalan bangsa dengan baik, melalui doa bersama sebagai dorongan kepada umat Muslim agar selalu taat dalam melaksanakan shalat lima waktu," katanya.

Ia mengatakan dengan istighatsah dan doa bersama dengan harapan peristiwa Isra Mi'raj Rasulullah menambah keyakinan umat Muslim pada umumnya atas kerasulan nabi Muhammad SAW yang menjadi manusia pilihan Allah SWT.

Menurut dia selain melakukan Istighosah dan doa bersama dalam rangka Isra' Mi'raj, para pengurus Ansor di Kabupaten Malaka juga mengelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako untuk warga setempat.

"Kami mengapresiasi terhadap teman-teman GP Ansor di daerah-daerah juga melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Isra Mi'raj berupa pembagian sembako kepada warga yang sangat membutuhkan sebagai implementasi dari perjuangan Allah SAW untuk selalu berbuat baik kepada sesama," demikian Ajhar Jowe.

Baca juga: Bupati Kupang ajak umat muslim jaga spirit kemajemukan

Baca juga: Wapres sebut Indonesia terus berperan ciptakan perdamaian negara muslim


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rayakan Isra Miraj, umat Islam di NTT gelar istighatsah