Pemerintah tambah tiga pelabuhan untuk angkut ternak antarpulau

id Ternak

Pemerintah tambah tiga pelabuhan untuk angkut ternak antarpulau

KM Cemara Nusantara 5, sebuah kapal ternak bantuan pemerintah pusat untuk membantu pengangkutan ternak antarpulau dari NTT ke daerah lain di Indonesia. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur segera menambah tiga pelabuhan laut di daerah ini untuk mempermudah aktivtias pengangkutan ternak sapi untuk tujuan antarpulau.
Kupang (ANTARA News NTT) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur segera menambah tiga pelabuhan laut di daerah ini untuk mempermudah aktivtias pengangkutan ternak sapi untuk tujuan antarpulau.

"Tiga pelabuhan itu yakni, Pelabuhan Atapupu di Kabupaten Belu, Pelabuhan Marapokot di Kabupaten Nagekeo dan Pelabuhan Ba`a di Rote Ndao," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Dani Suhadi kepada Antara di Kupang, Selasa (15/1).

Ia mengatakan, sebelumnya pengangkutan ternak antarpulau menggunakan tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Tenau Kupang, Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Waingapu di Kabupaten Sumba Timur.

Ia menjelaskan pemerintah provinsi telah menargetkan kuota jumlah sapi yang dikirim dalam tahun 2019 ini sebanyak 69.650 ekor.

"Kami berharap adanya tambahan pelabuhan untuk pengangkutan ternak antarpulau ini sehingga membuat aktivitas pengiriman jadi lebih mudah dan cepat karena setiap pulau besar di NTT sudah terwakili," katanya.

Menurutnya, apabila dalam perjalanan, jumlah permintaan yang masuk melebihi kuota maka akan ditambahkan kembali. Biasanya kuota ditambah pada pertengahan tahun.

Dani menjelaskan, di tahun 2018 lalu, provinsi setempat telah mengantarpulaukan ternak sapi sebanyak 68.404 ekor.

Jumlah tersebut di antaranya 950 ekor dikirim dalam bentuk daging, sementara yang lainnya dalam bentuk sapi utuh yang masih hidup.

Puluhan ribu ekor sapi itu, lanjutnya, di kirim ke Jakarta menggunakan kapal ternak KM Cemara Nusantara mencapai 50 persen, dan 50 persen sisanya dikirim ke Kalimantan, dan sedikit ke Sulawesi.

Baca juga: NTT antarpulau 28.828 ternak sapi
Baca juga: Antarpulau ternak sapi NTT 66.554 ekor