Amon harapkan penyebarangan Maritaing-Dili segera terwujud

id Amon Djobo

Amon harapkan penyebarangan Maritaing-Dili segera terwujud

Bupati Alor Amon Djobo.

Bupati Alor Amon Djobo mengharapkan agar layanan penyeberangan kapal feri yang menghubungkan Maritaing di Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur dengan Dili, Timor Leste segera terwujud.
Kupang (ANTARA News NTT) - Bupati Alor Amon Djobo mengharapkan agar layanan penyeberangan kapal feri yang menghubungkan Maritaing di Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur dengan Dili, Timor Leste segera terwujud.

"Penyebarangan Maritaing-Dili ini sangat kami harapkan dari dulu, karena berdampak positif dalam mendongkrak perekonomian Kabupaten Alor," kata Amon Djobo kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Rabu (16/1).

Ia mengatakan, layanan penyeberangan antarnegara itu sudah diusulkan beberapa tahun lalu pada masa awal periode pertama pemerintahannya.

Salah satu bentuk dukungan terhadap layanan penyeberangan antarnegara itu, kata dia, adalah dengan menyerahkan lahan untuk mendukung pembangunan dermaga Maritaing di Kecamatan Alor Timur.

Menurut Amon Djobo, kehadiran layanan penyeberangan ini akan memudahkan aktivitas perdagangan kedua wilayah terutama pasokan bahan baku ke wilayah bekas koloni Portugis dan bekas provinsi ke-27 Indonesia itu.

"Pertumbuhan ekonomi di Kota Dili kan masih kecil sehingga kalau ada layanan penyeberangan seperti ini maka pasokan kebutuhan bahan baku seperti makanan, kendaraan, dan lainnya bisa didatangkan dari Alor," katanya.

Baca juga: ASDP segera wujudkan rute Maritaing-Dili

Menurut dia, pembukaan lintasan penyeberangan itu tidak hanya bermakna ekonomi, tetapi lebih dari itu untuk mempererat kembali hubungan kekeluargaan antara orang Alor dan Dili yang sudah lama terjalin.

"Di Kota Dili ada tempat yang namanya Kampung Alor, dan para penghuninya sebagian besar muslim dari Kabupaten Alor," ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Utama PT (Persero) Angkutan Sungai, Danau dan Penyebarangan (ASDP) Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya berupaya akan segera melayani penyeberangan Maritaing-Dili.

"Kami akan bekerja keras untuk mewujudkan hal itu, dan sudah ada pertemuan demi pertemuan membicarakan hal itu," katanya saat dihubungi Antara melalui pesan singkat dari Kupang.

Ia mengatakan telah membicarakan pembukaan layanan penyeberangan ini dengan lintas lembaga seperti Kementerian Pariwisata, Kantor Imigrasi dan Bea Cukai, dan dalam pekan ini, akan dibicarakan secara detail dengan Dinas Perhubungan NTT.

Baca juga: ASDP survei penyeberangan Maritaing-Dili
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar