Warga Tablolong minta pemerintah bangun dermaga

id Rumput Laut

Warga Tablolong minta pemerintah bangun dermaga

Usaha budidaya rumput laut di Desa Tablolong, Kupang Barat, Kabupaten Kupang, NTT. (ANTARA Foto/dok)

Warga Desa Tablolong di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang meminta pemerintah untuk segera membangun dermaga di wilayah itu guna memperlancar kegiatan bongkar muat hasil laut milik nelayan setempat.
Kupang (ANTARA News NTT) - Warga Desa Tablolong di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang meminta pemerintah untuk segera membangun dermaga di wilayah itu guna memperlancar kegiatan bongkar muat hasil laut milik nelayan setempat.

"Kami sangat membutuhkan dermaga untuk memperlancar kegiatan bongkar muat hasil laut milik para nelayan di Desa Tablolong sepeti rumput laut dan sejenisnya," kata Amin Neftah, seorang warga Desa Tablolong kepada wartawan di Oelamasi, Rabu (16/1).

Desa Tablolong terletak di ujung barat Pulau Timor merupakan daerah penghasil rumput laut dan hasil ikan yang sangat melimpah di Kabupaten Kupang.

Selain memiliki potensi hasil laut Desa Tablolong juga memiliki lokasi wisata pantai yang telah menjadi destinasi wisata unggulan di Kabuoaten Kupang.

Menurut Amin, dermaga kapal sangat didambakan warga Desa Tablolong sejak lama namun hingga saat ini belum ada realisasinya.

"Petugas dari Perhubungan Provinsi NTT sudah beberapa kali datang melakukan survei, tetapi tidak pernah ditindak lanjuti," kata Amin.

Ia mengatakan, kegiatan bongkar muat barang dilakukan para nelayan di pesisir pantai dengan risiko banyak barang angkutan yang jatuh ke laut .

Amin menegaskan, apabila di Desa Tablolong dibangunkan dermaga akan mendorong percepatan pembangunan ekonomi masyarakat nelayan di desa setempat.

Baca juga: DKP survei potensi rumput laut di lima klaster
Baca juga: Pengamat: Produksi rumput laut tergantung kondisi perairan