Warga masuk ke Bali diimbau siapkan kartu identitas

id arus balik mudik,lebaran 2023,Bali,Drnpasar

Warga masuk ke Bali diimbau siapkan kartu identitas

Arsip Foto. Petugas mendata penumpang minibus yang tiba di Terminal Mengwi, Badung, Bali. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

...Yang mau masuk Bali agar melengkapi diri dengan identitas seperti KTP, karena pemeriksaan di pintu masuk Bali ketat, katanya di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin, (1/5/2023)
Badung (ANTARA) - Pelaksana Tugas Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi Made Ardana mengimbau warga yang hendak masuk ke wilayah Provinsi Bali menyiapkan kartu identitas diri.

"Yang mau masuk Bali agar melengkapi diri dengan identitas seperti KTP, karena pemeriksaan di pintu masuk Bali ketat," katanya di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin, (1/5/2023).

Ardana mengemukakan bahwa jumlah orang yang memasuki wilayah Bali setelah Lebaran biasanya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah orang yang keluar dari Bali pada masa mudik Lebaran.

"Sudah tradisi juga yang mudik kemarin satu orang tapi yang balik ke Bali bisa empat sampai lima orang. Jadi pemeriksaan itu bentuk antisipasi dari tim posko terpadu di masing-masing titik," katanya.

Petugas posko terpadu Terminal Mengwi bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung telah melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang tiba di terminal dan mendapati dua orang yang tidak membawa kartu identitas diri.

Menurut Ardana, kasus semacam itu sering terjadi pada masa arus balik mudik Lebaran.

Dia juga menyampaikan bahwa warga sebaiknya merencanakan perjalanan mudik dan balik dengan baik agar terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Pemerintah menerapkan kebijakan cuti bersama serta mendorong perusahaan membayarkan tunjangan hari raya lebih awal untuk memudahkan warga mudik menjelang Lebaran.

"Semakin panjang (libur) maka semakin banyak pilihan masyarakat memulai mudik atau balik. Dari upaya pemerintah sudah jelas, sehingga ada pilihan waktu untuk lebih awal perjalanannya," kata Ardana.


Baca juga: 43.852 pemudik melintas melalui Bandara El Tari Kupang selama Idul Fitri

Baca juga: Artikel - Selamat datang para pemilir